Upacara Virtual Peringatan HUT Ke-75 RI Catatkan Rekor Muri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 16:17 WIB
Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI di Istana
Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI di Istana (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Upacara peringatan HUT ke-75 RI yang digelar di Istana Merdeka dan diikuti secara virtual oleh masyarakat di seluruh daerah Indonesia mencatatkan rekor istimewa. Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) pun menganugerahkan piagam penghargaan kepada Sekretariat Presiden atas pencapaian ini.

"Kami menunaikan tugas kami pada siang hari ini mewakili Museum Rekor-Dunia Indonesia untuk menganugerahkan satu rekor yang istimewa sekali karena rekor ini belum pernah terjadi di persada Nusantara ini, yaitu upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, acara daring oleh peserta terbanyak sekaligus juga yang pertama dilakukan sejarah," Ketua Umum Muri, Jaya Suprana, dalam konferensi pers seperti ditayangkan akun Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020).

Jaya Suprana mengatakan rekor ini bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Menurut dia, belum pernah ada negara di dunia yang menggelar upacara peringatan kemerdekaan secara virtual.

"Nah bapak sekretariat presiden dalam hal ini piagam penghargaan rekor dunia, ini Pak Heru bukan sekadar rekor Indonesia, tapi dunia, karena belum pernah penyelenggaraan upacara kemerdekaan di mana pun negara lain yang diselenggarakan secara daring dan ini merupakan yang pertama. Maka dengan ini secara resmi Museum Rekor-Dunia Indonesia menganugerahkan piagam penghargaan pada Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia," ujar dia.

Piagam penghargaan kemudian diserahkan dari perwakilan Muri kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Heru menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut.

"Pak Jaya Suprana yang tentunya mewakili Museum Rekor-Dunia Indonesia, kami jajaran Sekretariat Presiden mengucapkan terima kasih. Tentunya ini kebanggaan untuk kita semua, di sini ada 60 sampai 70 putra putri yang kami pilih untuk menjadi host ataupun menjadi MC dalam memandu kenaikan bendera maupun penurunan bendera secara daring," ujar Heru.

Upacara peringatan HUT ke-75 RI ini memang digelar terbatas karena pandemi virus COVID-19 belum usai. Sejumlah pejabat dan masyarakat mengikuti upacara tersebut lewat virtual.

Selanjutnya
Halaman
1 2