Ada Pandemi Corona, Menko PMK Minta Strategi Baru Jalankan Program KB

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 14:59 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Foto: Menko PMK Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy berbicara tentang berkurangnya peserta aktif keluarga berencana (KB) akibat pandemi Corona. Menurutnya, di masa seperti saat ini perlu ada strategi baru untuk mengembalikan capaian peserta KB.

Arahan Muhadjir Effendy disampaikan dalam Webinar 'Launching Program Klikkb' yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bertetapan dengan HUT RI ke-75. Muhadjir menjelaskan soal pandemi Corona yang berdampak pada pelayanan KB.

"Tahun 2020 pandemi corona telah mengubah seluruh tatanan hidup tidak terkecuali dalam hal pelayanan dasar, termasuk layanan keluarga berencana termasuk kesehatan reproduksi," kata Muhadjir dalam akun Youtube BKKBN, Senin (17/8/2020).

"Berkurangnya kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan untuk memperoleh layanan KB karena khawatir pada penyebaran virus Corona, hal ini juga mempengaruhi strategi keberlangsungan peserta KB aktif serta peningkatan peserta KB baru," sambungnya.

Oleh karena itu, Muhadjir selaku menteri yang membawahi mengkoordinir BKKBN, berharap ada strategi baru yang dipakai. Dia meminta agar para petugas KB mendapatkan pengalaman kerja baru di masa pandemi ini.

"Sehingga pelayanan KB tidak dapat lagi dilakukan dengan cara yang lama, karena itu perlu cara-cara yang baru. Dan semua elemen harus mendapatkan pengalaman kerja baru yang selama ini belum pernah dilaksanakan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2