Momen Pemotor di Lampu Merah Tugu Tani Berdiri Sikap Sempurna Saat HUT RI

M Ilman Nafian - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 10:50 WIB
Pemotor di Tugu Tani sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB (Ilman/detikcom)
Pemotor di Tugu Tani bersikap sempurna pada pukul 10.17 WIB. (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Aparat kepolisian di kawasan traffic light Tugu Tani, Jakarta Pusat, menghentikan para pengendara kendaraan bermotor pada pukul 10.17 WIB. Para pengendara diminta berdiam sejenak selama 3 menit dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (17/8/2020), sejumlah pesepeda motor langsung turun dari motornya ketika polisi meminta berhenti. Mereka juga tampak berdiri tegak.

Meski demikian, tak sedikit juga dari pengendara sepeda motor dan mobil yang enggan berdiri tegak. Mereka tetap duduk di kendaraan masing-masing.

Di sini, suara sirene hanya terdengar dari handy talky polisi. Tak ada suara sirene yang terdengar dari loudspeaker.

Setelah tiga menit, para pengendara diizinkan kembali melanjutkan perjalanan. Salah satu pengendara motor, Faturrahman (24), mengatakan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan masyarakat Indonesia kepada para pejuang kemerdekaan.

"Ya hanya tiga menit itu menurut saya cukuplah. Kita menghormati para pejuang yang telah memerdekakan negara kita, mereka berjuang melawan penjajah, berperang, kalau kita hanya berdiri 3 menit itu cukup, menghormati. Kita harus berdiri tegak ya, kalau saya lihat tadi masih ada yang duduk di motor," kata Faturrahman.

Sebelumnya, masyarakat diminta menghentikan aktivitas sejenak pada hari ini tepat pukul 10.17 WIB. Warga diwajibkan berdiam diri selama 3 menit.

"Hentikan semua kegiatan dan aktivitas Saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit waktu Indonesia bagian barat," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden, Rabu (29/7).

Tonton juga video 'Ada Upacara HUT RI Digelar di Air Situ 7 Muara':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)