Upacara HUT Ke-75 RI di Istana, Paspampres Kompak Pakai Baju Adat

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 10:41 WIB
Detik-detik Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana
Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) kompak mengenakan baju adat pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana. Mereka memakai beragam baju adat dari seluruh daerah di Indonesia.

Upacara peringatan HUT ke-75 RI itu digelar di halaman Istana Merdeka dan juga disiarkan di akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020). Para anggota paspampres itu terlihat berdiri di sejumlah titik lokasi upacara.

Sementara itu, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejumlah pejabat yang hadir juga tampak mengenakan pakaian adat mulai dari Ketua DPR Puan Maharani hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Paspampres Pakai Baju AdatPaspampres Pakai Baju Adat Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Upacara peringatan HUT ke-75 RI ini juga diikuti secara virtual oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, para mantan wakil presiden dari mulai Try Sutrisno hingga Jusuf Kalla (JK).

Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan naskah proklamasi dalam upacara peringatan HUT ke-75 RI di Istana. Setelah itu, Presiden Jokowi memimpin mengheningkan cipta.

Menag Fachrul Razi bertugas untuk membacakan doa. Fachrul juga tampak memakai baju adat.

Komandan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka yaitu Kolonel (Inf) Muhammad Imam Gogor. Imam yang merupakan lulusan akademi militer 1998 saat ini menjabat sebagai Asops Paspampres.

Perwira upacara hari ini adalah Brigjen Syafruddin. Syafruddin merupakan lulusan akademi militer 1989.

Tonton video 'Potret Jokowi Berbaju Adat Timor Tengah Selatan di Istana Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dnu)