ADVERTISEMENT

Ada Peningkatan Volume Kendaraan dari DKI, Lalin di Puncak Bogor Macet

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 11:22 WIB
Kemacetan di jalur Puncak, Bogor, Minggu (16/8).
Kemacetan di jalur Puncak, Bogor, Minggu (16/8). (Foto: dok. Satlantas Polres Bogor)
Kabupaten Bogor -

Kondisi lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, macet saat libur panjang akhir pekan. Polisi mengungkap kemacetan di Puncak terjadi karena ada peningkatan jumlah volume kendaraan dari DKI Jakarta.

"Ya kami sampaikan pada hari ini, 16 Agustus 2020 pukul 10.30 WIB, sampai saat ini (kondisi Jalan Raya Puncak) masih ramai. Ramai lancar (karena ada) kiriman arus kendaraan dari Jakarta menuju Cianjur ataupun Puncak masih meriah," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda saat dihubungi, Minggu (16/8/2020).

"Ya (peningkatan volume kendaraan) 35 persenan sampai 40 persen," lanjutnya.

Fitra menambahkan kemacetan terjadi di exit Tol Ciawi menuju Simpang Gadog. Usai melewati Simpang Gadog, lanjutnya, kepadatan lalu lintas terurai.

"Ya (macet) kan karena antrean. Antrean dari gate Tol Ciawi ke Simpang Gadog kan itu kan jalur mengecil, lebar jalan mengecil. Otomatis dengan volume kendaraan lebih banyak, terjadilah antrean," ungkapnya.

Dia mengatakan di Jalan Raya Puncak diberlakukan sistem satu arah (one way) dari bawah ke atas atau dari Simpang Gadog menuju Puncak Pass. One way akan diberlakukan situasional.

"Kita masih (berlakukan) one way karena (volume kendaraan) belum terkuras semua. Kita tidak bisa prediksi (sampai kapan one way diberlakukan). Kalau weekend normal, (kendaraan dari Jakarta) ini sudah terkuras, tapi faktanya belum. Artinya, faktanya terjadi peningkatan volume kendaraan," tandas Fitra.

(azr/azr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT