UMY dan Kampus Swasta Lainnya yang Bisa Pakai Nilai UTBK SBMPTN 2020

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 21:00 WIB
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap II di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dimulai. Total ada 12.040 peserta yang akan mengikuti tes selama 10 hari ke depan.
Foto: Amir Baihaqi/UMY dan Kampus Swasta Lainnya yang Bisa Pakai Nilai UTBK SBMPTN 2020
Jakarta -

Pengumuman nilai UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 sudah dirilis Sabtu (15/8/2020) pukul 15.00 WIB. Bagi yang tak lolos SBMPTN selain bisa dipakai untuk jalur mandiri, nilai itu nantinya dapat digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi swasta.

Sejumlah kampus swasta mensyaratkan memakai nilai UTBK SBMPTN 2020. Jadi dengan hanya menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2020, kamu tidak perlu lagi mengikuti tes masuk di kampus swasta.

Berikut kampus swasta yang bisa pakai nilai UTBK SBMPTN:

1. Telkom University

Telkom University adalah salah satu kampus swasta yang diminati. Kampus ini memakai nilai UTBK SBMPTN 2020 untuk masuk tanpa tes.

Dalam situs resmi Telkom University disebutkan, jalur UTBK di Telkom University adalah jalur seleksi yang dibuka bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA yang telah mengikuti UTBK 2020. Peserta cukup menggunakan nilai UTBK sebagai persyaratan seleksi pada jalur ini.

Cara daftarnya dengan mendaftar online di smb.telkomuniversity.ac.id. Kemudian upload sertifikat hasil nilai UTBK. Pendaftaran terakhir 28 Agustus 2020.

2. UMY

Yogyakarta memang istimewa dan dikenal sebagai kota pendidikan. Jika kamu tidak lolos kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), kamu bisa mencoba daftar ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Di kampus ini menerima mahasiswa baru berdasarkan nilai UTBK. Jadwal pendaftaran 17 Agustus-11 September 2020.

3. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti juga merupakan salah satu kampus swasta favorit di Jakarta. Universitas Trisakti menerima mahasiswa lewat jalur nilai UTBK SBMPTN 2020. Calon mahasiswa baru hanya tinggal menyiapkan user account email, dokumen-dokumen, dan mendaftar online. Setelah itu menunggu proses seleksi oleh Tim Seleksi UTBK sesuai dengan jadwal Pengumuman hasil seleksi.


4. Universitas Parahyangan

Universitas Parahyangan adalah salah satu kampus swasta favorit di Bandung. Kampus ini menerima mahasiswa dengan jalur bebas tes berdasarkan nilai UTBK SBMPTN 2020. Pendaftaran sebagai peserta seleksi jalur bebas tes - UTBK UNPAR dilakukan secara online dengan membuka laman https://pmb.unpar.ac.id dan mengisi atau melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Selain kampus swasta, Perguruan Tinggi Negeri juga membuka jalur mandiri atau seleksi mandiri tanpa tes lewat nilai UTBK-SBMPTN 2020. Seperti Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun calon mahasiswa jurusan seni rupa harus tetap mengikuti tes. Meski demikian, kampus-kampus negeri menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, nilai rapor, dan kriteria lainnya.

(nwy/pal)