Doni Monardo Ingin Ibu-ibu Ikut Tangani Corona: Figur Dihormati-Dipatuhi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 15:57 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo
Doni Monardo (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo ingin peran ibu-ibu dilibatkan dalam menyampaikan pesan pelindungan diri dari virus Corona (COVID-19). Doni beralasan sosok ibu-ibu dinilai mampu didengar oleh semua pihak.

Hal itu diungkapkan Doni saat menjadi pembicara dalam acara Forum Merdeka Barat 9 dengan tema 'Optimis Bangkit dari Pandemi: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit' yang disiarkan akun YouTube FMB9ID_IKP, Sabtu (15/8/2020). Doni awalnya berbicara tentang program Keluarga Berencana (KB) yang dinilai berhasil.

"Demikian juga kami mencoba menyusun suatu organisasi yang pernah berhasil di negara kita, yaitu program KB. Kita pernah mendapatkan penghargaan internasional dan ini sesuai dengan arahan Presiden, memanfaatkan ibu-ibu PKK," kata Doni.

Doni lalu mengatakan alasan mengapa sosok ibu-ibu perlu dilibatkan. Dia menyebut figur ibu-ibu dapat dipatuhi oleh semua pihak.

"Kenapa demikian? Karena ibu-ibu salah satu figur yang sangat dihormati, yang sangat dipatuhi oleh siapa saja," ujar Doni.

Lebih lanjut Doni menyebut ibu-ibu memiliki kekuatan tertentu. Dia berharap ibu-ibu dapat dilibatkan dalam menyampaikan pesan untuk melindungi diri dari virus Corona.

"Kehadiran ibu-ibu menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa, ketika ibu-ibu, orang tua, mau menyampaikan pesan tentang bagaimana melindungi diri, melindungi lingkungan, akan menjadi sebuah kekuatan bagi bangsa kita.," ucap Doni.

"Termasuk pelibatan tokoh budaya, tokoh agama, dan mendapatkan orang-orang yang memiliki pengaruh, mencari orang yang tepat untuk menyampaikan pesan kepada publik, kepada masyarakat," imbuhnya.

(rfs/jbr)