Irjen Napoleon Tersangka, Anggota DPR: Kinerja Polri Patut Dicontoh

Mochamad Zhacky - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 15:54 WIB
Andi Rio Padjalangi
Andi Rio Padjalangi (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Padjalangi mengapresiasi kinerja Polri dalam mengusut kasus suap Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Andi meminta para penegak hukum lainnya mencontoh kinerja Polri yang tidak pandang bulu.

"Saya secara pribadi mengapresiasi kinerja Pak Kapolri, ya. Jadi saya, artinya, penegak hukum ini harus mencontoh kebijakan daripada Kapolri, dan bisa diikuti oleh penegak-penegak hukum yang lain. Jadi tidak pandang bulu. Seorang jenderal saja ditetapkan tersangka. Itu artinya menunjukkan bahwa Kapolri ini tidak main-main terhadap penegakan hukum," kata Andi kepada wartawan, Sabtu (15/8/2020).

Andi meminta Polri mengusut tuntas kasus Djoko Tjandra. Dia menegaskan siapa pun yang terlibat dalam kasus tersebut harus dibongkar.

"Artinya, kalau bisa, ini dibongkar semuanyalah biar terang benderang. Jadi jangan hanya wilayah kepolisian sama jaksa. Siapa pun yang terlibat dengan kasus Djoko Tjandra ini, ya, bongkar saja," terang Andi.

Bukan hanya polisi dan jaksa, anggota DPR dari Fraksi Golkar itu juga meminta Polri mengusut dugaan keterlibatan oknum Imigrasi. Bahkan dia juga meminta agar oknum-oknum di Kelurahan Grogol Selatan juga diperiksa.

"Semua, semua, Imigrasi, kejaksaan, kepolisian, kan, itu semua harus. Karena pastilah Imigrasi masuk, menurut saya, secara kasatmata Imigrasi terlibat. Kejaksaan sudah terlibat kemarin kan, penetapan jaksa Pinangki itu kan," sebut Andi

"Jadi, kalau saya, semualah, termasuk orang yang di kantor kelurahan, kantor kecamatan," imbuh Ketua DPP Golkar itu.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan dua tersangka lainnya yang berperan sebagai penerima suap Djoko Tjandra. Keduanya adalah mantan Karo Korwas PPNS Polri Brigjen Prasetijo Utomo (PU) dan mantan Kadiv Hubungan Internasional Irjen Napoleon Bonaparte (NB). Selain itu, Polri menetapkan tersangka terhadap Djoko Tjandra dan pengacaranya, Anita Kolopaking.

Polri juga mendapatkan beberapa barang bukti dalam kasus suap Djoko Tjandra ini. Salah satunya uang senilai USD 20 ribu.

(zak/jbr)