121 Ton Sampah Diangkut dari Kali BKB Season City, Ada Sofa-Bambu

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 15:33 WIB
UPK Badan Air angkut 121 ton sampah di kali BKB Season City Jakbar (dok. UPK Badan Air)
UPK Badan Air mengangkut 121 ton sampah di kali BKB Season City, Jakbar (Foto: dok. UPK Badan Air)
Jakarta -

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup terus mengangkut sampah di Kali Banjir Kanal Barat (BKB) Season City, Tambora, Jakarta Barat (Jakbar). Hingga siang ini, sekitar 120 ton sampah sudah diangkut.

"Dalam penanganan ini, sampah sebagian sudah terangkut pada hari pertama 210 meter kubik dan hari kedua 105 meter kubik dengan jumlah 315 meter kubik (121 ton sampah lebih) untuk dibuang ke TPST Bantargebang," kata petugas bidang media UPK Badan Air DKI, Endriyanto, Sabtu (15/8/2020).

Dia mengatakan hingga siang ini petugas masih mengangkut sampah dari lokasi. Dia mengatakan sampah sebanyak ini muncul setelah hujan deras Jumat (14/8) kemarin.

"Penanganan sampah pascahujan yang mengguyur hari Kamis sore kemarin hingga malam di Jakarta dan sekitarnya. (Sampah) kiriman dari daerah," ujarnya.

UPK Badan Air angkut 121 ton sampah di kali BKB Season City Jakbar (dok. UPK Badan Air)Foto: dok. UPK Badan Air

Penanganan sampah dilakukan delapan personel petugas dengan menggunakan 2 unit alat berat ekskavator, 1 unit perahu, dan 11 armada pengangkut sampah. Penanganan sampah dilakukan hingga kondisi bersih sebagai upaya antisipasi banjir.

"Dalam kegiatan ini, sampah yang mendominasi antara lain kantong plastik, kayu, bambu, sofa atau kursi, botol plastik, dan masih banyak lagi yang lainnya," sebutnya.

UPK Badan Air angkut 121 ton sampah di kali BKB Season City Jakbar (dok. UPK Badan Air)Foto: dok. UPK Badan Air

UPK Badan Air juga mengangkut sampah di Pintu Air Manggarai, PHB Cosmos Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dan Kali Cengkareng Drain Pintu Air. Sampah di lokasi tersebut sempat memenuhi dan menutup aliran air.

(jbr/dkp)