Polisi Akan Rilis Sketsa Wajah Pelaku Penembakan Maut di Kelapa Gading

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 09:40 WIB
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto (Jehan Nurhakim/detikcom)
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto (Jehan Nurhakim/detikcom)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Utara telah selesai menggambarkan ciri-ciri pelaku penembakan maut terhadap Sudianto (51) di Kelapa Gading. Sketsa wajah itu rencananya akan ditunjukkan siang ini.

"Iya, nanti kita rilis ciri-ciri dan sketsa wajah pelaku," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto saat dihubungi, Sabtu (15/8/2020).

Budhi menyebut sudah mendapatkan ciri-ciri pelaku. Menurutnya, hingga kini pihak kepolisian masih berupaya mengejar pelaku.

"Belum (tertangkap)," ucap Budhi.

Ciri-ciri pelaku pun sempat tertangkap rekaman CCTV. Dari rekaman CCTV berdurasi 18 detik yang diterima detikcom itu, terlihat pelaku penembakan menggunakan topi berwarna cokelat dan jaket berwarna biru serta celana panjang berwarna hitam.

Sebuah masker berwarna putih juga terlihat digunakan pelaku. Dalam video CCTV tersebut pelaku terlihat mengantongkan tangan kanannya ke dalam saku jaket.

Kedua tangannya memakai sarung tangan. Tidak lama kemudian pelaku menembak korban dari jarak dekat.

Korban ditembak sebanyak lima kali dari arah belakang. Korban tewas akibat kejadian itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, dari keterangan para saksi di lokasi, pelaku diketahui berjumlah dua orang. Satu pelaku bertugas sebagai eksekutor, dan satu pelaku lagi bertugas menunggu di sebuah sepeda motor sebelum akhirnya keduanya melarikan diri setelah melakukan penembakan.

Tonton juga 'Korban Penembakan di Kelapa Gading Tewas dengan 5 Luka Tembak':

[Gambas:Video 20detik]

Polres Jakut juga telah membentuk tim khusus (timsus) untuk menuntaskan kasus penembakan maut tersebut. Timsus ini diketuai oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakut Kompol Wirdhanto Hadicaksono.

Timsus dibentuk sejak polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) setelah insiden penembakan. Kemudian, lanjut Budhi, pembentukan timsus berdasarkan persetujuan Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Jadi kami di-backup dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Kemarin Dirkrimum hadir ke TKP, lakukan olah TKP. Pak Kombes Tubagus Ade dan Kasubdit Resmob juga hadir," kata Budhi kepada wartawan di Polres Metro Jakut, Jumat (14/8).

"Dan kami bentuk tim khusus juga yang diketuai oleh Kasat Reskrim dan dari Polsek Kelapa Gading kita libatkan langsung Kapolsek dan Kanit Reskim," sambungnya.

(maa/jbr)