1.678 Mahasiswa Lolos SBMPTN, Begini Tahapan Registrasi di UI

Rahel Narda Catherine - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 20:26 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Foto: Universitas Indonesia (Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta -

Universitas Indonesia (UI) menerima 1.678 calon mahasiswa dari jalur UTBK-SBMPTN 2020. Bagi peserta yang lolos, diharap dapat mengikuti tahapan registasi lanjutan.

Dalam rilis resminya, Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia mengatakan ada 54.897 peserta yang memilih UI pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini. Informasi lebih lengkap terkait resgitrasi dapat dilihat di situs www.ui.ac.id atau penerimaan.ui.ac.id.

"Sebanyak 1.678 calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) diterima melalui UTBK-SBMPTN 2020," kata Amelita dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (14/8/2020).

Amelita mengatakan Pendidikan Dokter dan Ilmu Hukum menjadi prodi yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa UI. Menurutnya, ada 21.327 pendaftar di prodi bidang saintek, sedangkan ada 33.570 pendaftar di prodi bidang sosial humaniora (soshum).

"Pada tahun ini, pendaftar program studi (prodi) bidang saintek adalah sebanyak 21.327 orang, dengan jumlah pendaftar tertinggi pada prodi Pendidikan Dokter. Sementara itu, total pendaftar prodi bidang soshum sebanyak 33.570 orang, dengan jumlah pendaftar tertinggi pada Ilmu Hukum," ujar Amelita.

Selain itu, Amelita menjelaskan peserta yang mendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) ada 5.763 orang. Rinciannya 1.966 peserta mendaftar ke prodi bidang saintek, dan 3.797 orang mendaftar pada prodi bidang soshum.

Berikut tahapan registrasi di UI:

Tahap I: Pengisian Data dan Pra-Registrasi

1. Calon mahasiswa baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN harap login pada laman penerimaan.ui.ac.id dan pastikan anda telah mengetahui NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) agar dapat melanjutkan ke tahap Pra-Registrasi pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB sampai dengan 23 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

2. Pra-registrasi dilakukan pada halaman pra-registrasi.ui.ac.id. Login dengan memasukkan NPM yang telah diperoleh dan pilihan Program Studi.

3. Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai.


Tahap II: Konfirmasi Pilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran

1. Melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran mulai tanggal 16 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB sampai dengan 17 Agustus 2020.

2. Pada tahap ini calon mahasiswa baru UI dapat memilih besaran biaya pendidikan yang hendak dibayarkan, yaitu pilihan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa; dan pilihan BOP Pilihan (BOP-P) yang memberikan kesempatan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa untuk berkontribusi dengan membayar besaran biaya pendidikan disesuaikan dengan kemauan bayar.


Tahap III: Pembayaran Biaya Pendidikan

1. Pastikan Anda sudah mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Anda dan telah melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran pada tahap I.

2. Pembayaran Biaya Pendidikan sejak tanggal 18 - 26 Agustus 2020.

3. Pembayaran Biaya Pendidikan secara host to host dapat dilakukan melalui ATM atau Teller Bank BNI; ATM Mobile Banking atau Internet Banking Bank Permata; ATM, Teller, Internet Banking atau Mobile Banking CIMB Niaga; ATM Bank Bukopin; ATM, Teller, atau Mobile Banking Bank BTN; ATM, Teller, Internet Banking atau Mobile Banking Bank Mandiri; ATM atau Teller BRI.

4. Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan oleh calon mahasiswa baru yang mengundurkan diri tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun.

5. Biaya pendidikan yang telah dibayarkan untuk dan atas nama mahasiswa Program Sarjana (S1) Reguler yang diterima melalui jalur SBMPTN tidak dapat dialihkan untuk pembayaran BP mahasiswa lain dan/atau jenjang/program pendidikan/jalur masuk lain.


Tahap IV: Registrasi Akademik

1. Pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2020 calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan TAHAP I sampai dengan TAHAP III (konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran, pra registrasi dan melakukan pembayaran) akan diregistrasikan sebagai mahasiswa baru.

2. Calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila pada tanggal 26 Agustus 2020 belum menyelesaikan TAHAP I sampai dengan TAHAP III.

(aud/aud)