Simak Pidato Presiden, Bima Arya: Saatnya Evaluasi Semua Sistem

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 19:31 WIB
wali kota bogor bima arya
Foto: M Sholihin
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya merangkum tiga poin penting dari pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sidang Tahunan MPR Tahun 2020. Bima menyatakan poin-poin terkait dengan kebangkitan Indonesia di masa pandemi COVID-19 itu tengah diaplikasikan Pemerintah Kota Bogor.

Dalam pidato kenegaraan tersebut, Jokowi menekankan pandemi hendaknya menjadi momentum untuk melakukan lompatan besar. Caranya, dengan mengevaluasi dan memperbaiki sistem yang ada saat ini.

"Nah, ini di Bogor sekarang mempedomani itu. Jadi, ini saatnya mengevaluasi semua sistem keuangan, anggaran, pendidikan, kesehatan, bukan hanya mengatasi pandemi, tetapi lompatan," kata Bima dalam keterangan tertulis.

Poin kedua dari pidato Jokowi, yakni soal membidik sektor-sektor yang bisa memacu kebangkitan ekonomi. Jokowi mencontohkan sektor-sektor yang ada di lingkungan nasional, seperti energi dan pertanian.

"Di Bogor sedang mematangkan itu juga. Sektor pertanian urban farming, wisata alam, UMKM, perdagangan, ini akan kita kuatkan dalam ekonomi recovery di dalam APBD," papar Bima.

Bima menambahkan, satu lagi pernyataan menarik Jokowi dalam pidatonya yakni meminta jangan ada yang merasa paling benar, paling pancasilais, paling agamis. Jokowi mengimbau seluruh masyarakat menjaga kekompakan, dengan menjalani semuanya bersama-sama.

"Di Bogor tentu memedomani ini, COVID-19 ini harus dihadapi bersama. Kebersamaan yang ditekankan presiden," tutup Bima.

Tonton video 'Jokowi Kucurkan Rp 110,2 T Untuk Masyarakat Menengah ke Bawah':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)