Polwan-Bhayangkari NTB Bagikan Tas Sekolah ke Anak-anak di Mandalika

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 19:14 WIB
Polwan-Bhayangkari NTB Bagikan Tas Sekolah ke Anak-anak di Mandalika
Polwan Polda NTB dan Bhayangkari Daerah NTB menyoroti masih banyaknya anak-anak yang dipekerjakan sebagai pedagang asongan. (Foto: dok istimewa)
Mataram -

Polwan Polda NTB dan Bhayangkari Daerah NTB menyoroti masih banyaknya anak-anak yang dipekerjakan sebagai pedagang asongan. Hal itu terjadi salah satunya di Mandalika.

Prihatin dengan hal tersebut, akhirnya digelar kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Jadi Polisi Wanita ke-72 tahun 2020 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-68 di Kawasan Wisata Mandalika. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah penghapusan pekerja anak di Mandalika.

"Kegiatan ini berawal dari keprihatinan terhadap masih banyaknya pekerja anak yang terindikasi mengalami eksploitasi ekonomi oleh orang-orang terdekat dan mereka rentan mengalami tindak kekerasan dan eksploitasi seksual," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto dalam keterangan tertulis, Jumat (14/8/2020).

Artanto berharap para orang tua yang mempekerjakan anaknya sebagai pedagang asongan menyadari ancaman yang dapat dialami si anak. "Selain pemangku kepentingan, yang paling utama ialah kesadaran dari orang tua sangat diharapkan untuk mencegah anaknya menjadi pedagang asongan di objek wisata," ujar dia.

Polwan-Bhayangkari NTB Bagikan Tas Sekolah ke Anak-anak di MandalikaPolwan-Bhayangkari NTB membagikan tas sekolah kepada anak-anak di Mandalika (Foto: dok. istimewa)

Sementara itu, Ibu Asuh Polwan Polda NTB, yang juga Ketua Bhayangkari Daerah NTB, Nindya Mohammad Iqbal, menyampaikan sudah seharusnya polwan peka terhadap hal ini. Para Polwan diminta tak hanya menjadi ibu ketika di rumah, tetapi juga ibu untuk seluruh anak-anak

"Sebagai bagian dari Polri, Polwan setiap saat dituntut mempersiapkan diri dan mental menjadi bayangkara negara yang mampu mengemban tugas sebagai pemelihara kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," lanjut dia.

Dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan pada Kamis (13/8), para Kowad, Kowal, dan Wara juga turut menyapa anak-anak. Mereka membagikan ratusan bingkisan tas sekolah, alat tulis, hand sanitizer, masker dan sembako kepada anak-anak yang berjualan di pinggir pantai.

(aud/tor)