Usai Pidato RUU APBN 2021, Jokowi Tinggalkan Gedung DPR

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 15:52 WIB
Presiden Jokowi hadiri rapat paripurna DPR (Youtube DPR RI)
Presiden Jokowi saat rapat paripurna DPR (Foto: dok. YouTube DPR RI)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah selesai menyampaikan pidato pengantar pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2021 di rapat paripurna DPR. Seusai rapat paripurna, Jokowi meninggalkan lokasi.

Jokowi keluar dari ruang rapat paripurna, gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani. Jokowi tampak berbincang dan menyapa sejumlah anggota DPR sebelum keluar dari ruangan.

Didampingi Puan, Jokowi langsung menuju mobilnya. Jokowi meninggalkan kompleks parlemen pukul 15.13 WIB.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan sejumlah hal terkait APBN 2021, di antaranya soal pemulihan ekonomi, hingga pendidikan. Jokowi menganggarkan Rp 549,5 triliun di RAPBN 2021 untuk menunjang rencana reformasi pendidikan.

"Anggaran pendidikan tahun 2021 sebesar Rp 549,5 triliun atau 20 persen dari APBN akan difokuskan untuk meningkatkan kualitas SDM, kemampuan adaptasi, teknologi, peningkatan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0," kata Jokowi saat pidato tentang RUU APBN 2021 beserta Nota Keuangan di rapat paripurna DPR.

Jokowi sebelumnya juga menyampaikan pidato pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD RI. Dalam pidatonya itu, Jokowi mengajak bangsa Indonesia mengambil momentum krisis akibat pandemi virus Corona (COVID-19) untuk melakukan lompatan besar. Jokowi mengatakan saat ini merupakan waktu untuk melakukan transformasi besar di segala bidang.

(azr/idn)