Legislator PDIP Apresiasi Pidato Bajak Momentum Krisis: Jokowi Luar Biasa!

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 13:03 WIB
wakil ketua F-PDIP Hendrawan Supratikno
Hendrawan Supratikno (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno, mengapresiasi pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD yang mengajak bangsa Indonesia mengambil momentum krisis akibat pandemi virus Corona (COVID-19) untuk melakukan lompatan besar. Hendrawan menilai pidato Jokowi luar biasa.

"Pidato presiden luar biasa, karena presiden menggunakan istilah 'mari kita bajak krisis ini untuk melakukan lompatan besar'. Kata bajak ini semula saya tidak pikirkan," kata Hendrawan seusai Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Hendrawan mengaku kerap mengatakan 'mari gunakan krisis akibat Corona untuk melakukan perubahan yang signifikan'. Menurutnya, kata 'bajak' yang digunakan Jokowi memiliki arti mengubah arah.

"Saya selalu mengatakan, 'marilah gunakan krisis ini untuk melakukan perubahan yang signifikan'. Dia lebih tegas lagi, 'mari kita bajak'," ucap Hendrawan.

"Istilah bajak ini kan sesuatu yang biasanya arahnya semula berbeda kita ubah arahnya," imbuh anggota Komisi IX DPR itu.

Hendrawan menekankan bahwa Indonesia memiliki modal sosial untuk bisa keluar dari krisis akibat pandemi Corona. Modal sosial yang dimaksud salah satunya Pancasila.

"Apa itu modal sosialnya? Pasar dalam negeri yang besar, solidaritas sosial yang hebat, ideologi Pancasila yang menyatukan kita. Dengan modal-modal itu mestinya kita bisa menawarkan penyelesaian lebih baik. Ketika negara lain sedang bingung kita bisa membuat lompatan," papar Hendrawan.

Lantas lompatan seperti apa yang bisa dilakukan Indonesia? Hendrawan menyebut Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Lompatan-lompatan bagaimana kita bisa menjadi negara maju. Untuk jadi negara maju apa syaratnya? Investasi, ketika investor-investor global cari pasar, wilayah invest Indonesia sudah lebih siap," tutur dia.

Sebelumnya, dalam pidato di Sidang Bersama DPR-DPD, Presiden Jokowi menyinggung sejumlah hal. Salah satunya, Jokowi mengajak bangsa Indonesia mengambil momentum krisis akibat pandemi virus Corona untuk melakukan lompatan besar.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan. Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar," kata Jokowi dalam Sidang Bersama DPR-DPD, di Kompleks Parlemen, Jakarta.

(zak/elz)