Usai Pidato Bajak Momentum Krisis Corona, Jokowi Tinggalkan Kompleks DPR

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 12:04 WIB
Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR DPR dan DPD 2020
Presiden Jokowi-Wa'pres Ma'ruf Amin dalam sidang bersama DPR-DPD. (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan pidato 'bajak momentum krisis pandemi virus Corona' dalam sidang bersama DPR-DPD. Seusai sidang, Jokowi meninggalkan kompleks parlemen.

Sidang bersama DPR-DPD digelar di ruang rapat paripurna gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) dan selesai sekitar pukul 10.30 WIB. Jokowi kemudian meninggalkan ruang rapat paripurna.

Sebelum meninggalkan ruang rapat paripurna, Jokowi berpamitan kepada seluruh anggota MPR-DPR-DPD yang hadir secara fisik. Jokowi meninggalkan ruang rapat paripurna bersama Wapres Ma'ruf Amin dan didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Dalam pidatonya di sidang bersama DPR-DPD, Jokowi menyinggung sejumlah hal. Salah satunya mengajak bangsa Indonesia mengambil momentum krisis akibat pandemi virus Corona untuk melakukan lompatan besar.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan. Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar," kata Jokowi.

Jokowi juga menegaskan pemerintah tak pernah main-main untuk memberantas korupsi. Dia mengatakan hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

"Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi," tegas Jokowi.

"Penegakan nilai-nilai demokrasi juga tidak bisa ditawar. Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum, serta budaya adiluhung bangsa Indonesia," imbuhnya.

Jokowi akan kembali menyampaikan pidato dalam rangka pembukaan masa persidangan I DPR tahun 2020-2021 di gedung Nusantara. Jokowi akan menyampaikan pengantar pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2021 yang diagendakan pukul 14.20 WIB.

(zak/elz)