Progres Proyek Flyover Tapal Kuda Capai 80%, Target Rampung Akhir 2020

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 11:52 WIB
Ditargetkan bakal rampung akhir tahun 2020, pembangunan proyek flyover Leteng Agung terus dikebut. Begini penampakan terkininya dari udara.
Flyover Tapal Kuda di Lenteng Agung, Jaksel (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan flyover Tapal Kuda di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, masih terus berjalan. Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan saat ini progres pembangunan flyover itu sudah mencapai 80 persen.

"Progres pekerjaan flyover putaran balik Tapal Kuda di Lenteng Agung saat ini sudah sekitar 80 persen. Saat ini di lapangan sedang mengerjakan pagar flyover (railling) sebagai pelindung bagi kendaraan yang melintas. Nantinya di atas flyover, penataan landscape di bawah flyover serta penataan drainase atau saluran," ujar Hari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/8/2020).

Hari mengatakan proyek flyover Tapal Kuda ditargetkan selesai pada akhir 2020. Nantinya flyover itu dapat digunakan untuk putar balik di kawasan Lenteng Agung dan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta. Proyek ini mulai dibangun pada akhir 2019.

"Apabila tidak ada aral melintang, diharapkan pada akhir 2020 ini flyover Lenteng Agung sudah dapat digunakan bagi masyarakat umum yang ingin melintas putar balik di area IISIP Lenteng Agung," katanya.

Selain flyover Tapal Kuda, proyek underpass Senen Extension juga ditargetkan selesai pada akhir 2020. Hari mengungkapkan saat ini progres pembangunan proyek itu sudah mencapai 70 persen.

"Untuk underpass Senen Extension progres pekerjaan saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen," ucap Hari.

Hari menjelaskan proyek underpass Senen Extension itu kini sedang dalam tahap penggalian tanah di terowongan. Pengerjaan itu juga dibarengi dengan proses pembuatan jembatan halte TransJakarta dan penyeberangan orang (JPO) di depan bioskop dan di depan Atrium.

Lebih lanjut, Hari mengatakan, selain dua proyek tersebut, Pemprov DKI juga tengah mengerjakan flyover Cakung. Flyover tersebut dibuat dengan tujuan menghilangkan persimpangan tak sebidang antara jalan raya dan rel kereta api.

"Selain dua proyek di atas, saat ini sedang dikerjakan juga flyover Tanjung Barat dan flyover Cakung untuk menghilangkan persimpangan tak sebidang antara jalan raya dan jalan rel kereta api," kata Hari.

(mae/mae)