Jelang Sidang Tahunan, Begini Suasana di Gedung DPR Pagi Ini

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 08:29 WIB
Suasana gedung DPR jelang sidang tahunan MPR
Suasana gedung DPR jelang sidang tahunan MPR (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI akan digelar pagi ini. Begini suasana jelang sidang di kompleks Parlemen.

Pantauan detikcom di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020), pengamanan di sekitar gedung DPR dijaga ketat. Sebanyak 3 helikopter TNI AU disiagakan di halaman belakang gedung Nusantara, tempat berlangsungnya sidang tahunan.

Selain itu, tampak kendaraan barracuda juga disiagakan di belakang gedung Nusantara. Sebanyak 2 barracuda juga disiagakan di Jalan Lapangan Tembak, Senayan, tepat di belakang gedung DPR.

Akses masuk ke gedung Nusantara pun dibatasi. Hanya tamu VIP dan undangan yang diperbolehkan masuk. Disediakan layar besar di pelataran gedung Nusantara II untuk menyaksikan jalannya sidang.

Suasana gedung DPR jelang sidang tahunan MPRSuasana gedung DPR jelang sidang tahunan MPR Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom

Di depan gedung Nusantara, tampak personel marching band tengah berlatih. Selain itu, ada bilik disinfektan yang di depan akses masuk gedung Nusantara I.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dalam sidang tahunan kali ini. Jokowi akan memberikan pidato di sidang tahunan serta menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun 2021 beserta nota keuangan.

Suasana gedung DPR jelang sidang tahunan MPRSuasana gedung DPR jelang sidang tahunan MPR Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom

Sidang tahunan kali ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Kehadiran anggota secara fisik pun dibatasi. Anggota yang tidak hadir secara fisik dapat mengikuti sidang tahunan secara virtual.

"Jadi, untuk unsur DPR itu, pimpinan DPR, ketua fraksi, sekretaris fraksi, ketua komisi, dan wakil ketua komisi, serta kapoksi, termasuk ketua AKD (alat kelengkapan dewan) dan wakilnya. Jumlahnya, setelah dibuat matrik sekitar 176 dari DPR," kata Sekjen DPR, Indra Iskandar, kepada wartawan, Kamis (13/8).

Indra juga mengatakan semua akan menjalani prosedur protokol kesehatan yang ketat. Bagi mereka yang masuk harus wajib rapid tes atau swab tes.

"Protokolnya akan sangat ketat. Semua yang mau masuk ruang sidang wajib melalukan swab test tanpa terkecuali. Memasuki kawasan sekitar gedung, wajib rapid test, tanpa terkecuali," tegasnya.

(azr/isa)