Sidang Tahunan MPR-DPR 2020 di Tengah Pandemi Digelar Hari Ini

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 06:40 WIB
Gedung DPR/MPR, Jakarta, disemprot disinfektan, Minggu (9/8/2020). Penyemprotan dilakukan dalam rangka persiapan pidato kenegaraan Presiden RI.
Foto: Gedung MPR/DPR (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan menggelar sidang tahunan dan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sidang tahunan kali ini digelar di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Sidang yang digelar saat pandemi ini akan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sidang tahunan ini hanya akan dihadiri secara langsung oleh sekitar 277 orang dari anggota MPR, DPR, dan DPD.

"Jadi, untuk unsur DPR itu, pimpinan DPR, ketua fraksi, sekretaris fraksi, ketua komisi, dan wakil ketua komisi, serta kapoksi, termasuk ketua AKD (alat kelengkapan dewan) dan wakilnya. Jumlahnya, setelah dibuat matrik sekitar 176 dari DPR," kata Sekjen DPR, Indra Iskandar, kepada wartawan, Kamis (13/8/2020).

Indra mengatakan untuk anggota MPR yang menghadiri sidang secara langsung ada 51 orang. Sementara anggota DPD sekitar 50 orang.

"Kemudian dari MPR sekitar 51, unsur-unsur pimpinan DPR, dari DPD 50-an jumlahnya," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2