Sidang Tahunan MPR-DPR 2020 di Tengah Pandemi Digelar Hari Ini

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 06:40 WIB
Gedung DPR/MPR, Jakarta, disemprot disinfektan, Minggu (9/8/2020). Penyemprotan dilakukan dalam rangka persiapan pidato kenegaraan Presiden RI.
Foto: Gedung MPR/DPR (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Indra menuturkan untuk anggota MPR-DPR-DPD yang tidak menghadiri sidang secara fisik akan mengikuti secara virtual. Dia memastikan sidang tahunan yang akan digelar ini dapat diakses juga oleh publik karena sifatnya terbuka.

"Anggota yang tidak hadir secara fisik diundang melalui virtual, mantan presiden juga. Menteri pun yang hadir hanya menko saja yang diundang," ucapnya.

Selain itu, Indra juga mengatakan semua akan menjalani prosedur protokol kesehatan yang ketat. Bagi mereka yang masuk harus wajib rapid tes atau swab tes.

"Protokolnya akan sangat ketat. Semua yang mau masuk ruang sidang wajib melalukan swab test tanpa terkecuali. Memasuki kawasan sekitar gedung, wajib rapid test, tanpa terkecuali," tegasnya.

Tema khusus sidang tahunan kali ini adalah 'Kalimantan'. Pernak-pernik Kalimantan menghiasi setiap sudut Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Ornamen-ornamen Kalimantan ada di setiap sudut Gedung Nusantara. Selain itu, ada juga tulisan-tulisan yang bertemakan HUT RI ke-75.

Rencananya, Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan dalam sidang ini. Jokowi juga akan menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun 2021 beserta nota keuangan.

Halaman

(fas/aud)