Amien Rais Sampaikan Risalah Kebangsaan, Lagi-lagi Kritik Jokowi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 18:33 WIB
Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Jakarta -

Politikus senior Amien Rais menyampaikan risalah kebangsaan lewat jumpa pers. Dalam kesempatan tersebut, Amien kembali mengkritik kebijakan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, selama enam tahun kepemimpinan Jokowi, semua menjadi merosot. Dia bahkan meminta Jokowi mengundurkan diri.

"Jadi saya tulis risalah itu menunjukkan bahwa 6 tahun Pak Jokowi jadi presiden itu semua nya emang merosot jadi nggak terbantahkan. Apalagi Papua itu, sekarang itu sudah sangat eksklusif, nah jadi, menurut saya kalau memang Pak Jokowi nggak punya kompetensi, ya resign," kata Amien di Restoran Pulau Dua, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020)

Amien ingin agar Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dapat mengambil alih proses pengunduran diri. Amien menyebut Jokowi merupakan sosok yang bermartabat tapi tidak dapat mengubah keadaan bangsa yang dinialinya saat ini semakin memburuk.

"Dan kemudian MPR mengambil alih bagaimana caranya. Tapi saya kira dia (Jokowi) bermartabat, jadi sudah berusaha segala macam, tetapi keadaan malah makin buruk," ujarnya.

Amien Rais jumpa pers soal risalah kebangsaan (Kadek/detikcom)Amien Rais Sampaikan Risalah Kebangsaan, Lagi-lagi Kritik Jokowi. Amien Rais jumpa pers soal risalah kebangsaan. (Kadek/detikcom)


Amien mempersilakan Jokowi melanjutkan jabatannya tapi dengan catatan harus ada perubahan. Dia juga menilai beberapa menteri yang menjabat dalam Kabinet Indonesia Maju tidak sesuai dengan tupoksinya.

"Tapi kalau mau maju lagi terus, monggo. Cuma harus ada perubahan, dia pegang pasal 33 kohentasikan dengan ekonomi yang ini, ekonomi pasar juga bukan, ini ekonomi nggak ada aturannya, dibagi-bagi oleh mafia itu. Kalau mau terus, kira-kira separuh menterinya ini memang tidak pantas," ungkapnya.

Lebih lanjut, Amien kembali meminta Jokowi mundur. Menurutnya, keadaan saat ini makin terpuruk.

"Jadi menurut saya, Pak Jokowi you resign ya, with dignity with self pride, or you can go ahead with your power sampai 4 tahun lagi. Tapi tolong kalau begini terus makin terpuruk kasihan yang melanjutkan itu," pungkasnya.

Tonton video 'Kritik-kritik Tajam Amien Rais Untuk Pemerintahan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)