Urus Bantuan Rp 600 Ribu, Warga Mamasa Berdesakan Buka Rekening Bank

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 18:17 WIB
Warga Mamasa berdesakan di jalaman bank untuk urus persyaratan bantuan Rp 600 ribu
Warga Mamasa berdesakan di jalanan bank untuk urus persyaratan bantuan Rp 600 ribu. (Abdy Febriady/detikcom)
Jakarta -

Halaman kantor salah satu bank di Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), disesaki warga. Mereka rela mengabaikan protokol kesehatan jaga jarak untuk mendapatkan nomor antrean terdepan dari petugas bank.

Selain itu, banyak warga terlihat tidak memakai masker. Kedatangan warga ini untuk mengurus nomor rekening baru, sebagai salah satu persyaratan mendapatkan bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah.

"Kami disuruh buka rekening untuk mendapatkan bantuan subsidi (bantuan Rp 600 ribu) dari pemerintah. Kendalanya ini, sekarang batas pemasukan berkas, sementara kami baru mengurus buku rekening, karena baru mendapat informasi," kata salah seorang warga, Bonggabarana, kepada wartawan, Kamis (13/8/2020).

Bongga dan warga Mamasa lainnya berharap pemerintah memberikan kelonggaran waktu agar mereka bisa mendapat bantuan. Dia meminta batas memasukkan berkas persyaratan penerimaan bantuan Rp 600 ribu diperpanjang.

"Sementara ini kami mohon kepada pemerintah, supaya bisa diperpanjang sedikit (batas pemasukan berkas), supaya kami juga bisa mendapatkan bantuan," pintanya.

Membeludaknya warga sempat memicu terjadinya keributan. Polisi yang melakukan pengamanan sempat kewalahan mengatur warga agar tertib.

Keributan mereda setelah petugas meminta warga yang baru berdatangan untuk pulang. Warga diminta kembali ke bank pada jam berikutnya.

"Alhamdulillah, setelah kita atur, kita bagi, masyarakat semua mengerti, berjalan lancar berkat partisipasi masyarakat. Situasi kondusif dan berjalan aman," pungkas Kaurbin Ops Sabhara Polres Mamasa, Ipda Sukasmin.

Warga Mamasa berdesakan di jalaman bank untuk urus persyaratan bantuan Rp 600 ribuWarga Mamasa berdesakan di jalanan bank untuk mengurus persyaratan bantuan Rp 600 ribu (Abdy Febriady/detikcom)

Simak juga video 'Antrean Pengajuan Bansos UMKM di Solo Berujung Desak-desakan':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)