Mahfud: Nakes Dapat Bintang Jasa Juga Disantuni Rp 300 Juta Per Orang

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 14:30 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md
Mahfud Md (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menyebut, dari total 53 orang yang mendapatkan penghargaan bintang jasa, 22 di antaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes). Para nakes ini gugur dalam menangani COVID-19.

"Yang untuk tenaga medis ada 22 orang (yang dapat penghargaan), itu diputuskan pada Mei. Pada waktu itu yang meninggal semuanya masih ada 22 orang. (Sebenarnya) ada 40 lebih yang diusulkan, tapi ada yang meninggal bukan karena pelayanan COVID, tapi meninggal karena praktik. Dia tidak bertugas untuk COVID lalu meninggal sendiri," kata Mahfud dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (13/8/2020).

Mahfud mengatakan seluruh nakes yang mendapatkan penghargaan itu juga diberi santunan. Setiap orang mendapat santunan Rp 300 juta.

"Mereka ini, selain mendapat tanda jasa utama, itu mendapat uang santunan Rp 300 juta setiap orang tanpa membedakan jumlah santunan apakah dia dokter atau perawat. Sudah ditransfer oleh Kemenkes uang itu," ujarnya.

Mahfud menegaskan santunan ini hanya diberikan kepada para nakes. Di luar tenaga medis tidak ada materi yang diberikan.

"Tidak ada yang sifatnya material kecuali kepada tenaga medis. Kalau peraih bintang Mahaputera, dia berhak dikuburkan di taman makam pahlawan," ujarnya.

Berikut daftar 22 tenaga medis yang diberikan penghargaan sekaligus santunan:

Selanjutnya
Halaman
1 2