Siap-Siap Pengumuman SBMPTN 2020 pada 14 Agustus 2020, Cek Panduannya

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 12:54 WIB
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ujian masuk universitas itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan.
Pengumuman SBMPTN 2020 bagi peserta UTBK akan dibuka 14 Agustus 2020 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Pengumuman SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 akan digelar 14 Agustus 2020. Para peserta yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat mengakses pengumuman SBMPTN 2020 tersebut melalui situs web resmi https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Seperti yang diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), akses masuk dalam pengumuman SBMPTN 2020 tersebut dibuka tepat pukul 15.00 WIB. Pengumuman ini dimajukan enam hari dari jadwal sebelumnya pada tanggal 20 Agustus 2020.

Menurut Humas LTMPT Anwar Effendy, langkah ini untuk mengakomodasi permintaan sejumlah PTN yang membuka jalur seleksi mandiri. Pasalnya seleksi mandiri harus segera digelar setelah pengumuman SBMPTN 2020."Agar masih ada waktu yang cukup untuk proses seleksi mandiri di masing-masing PTN," kata Anwar pada detikcom, Senin (10/8/2020) lalu.

Berikut panduan melihat pengumuman SBMPTN 2020 dengan login https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id

1. Jangan lupa nomor pendaftaran SBMPTN 2020

Paling awal siapkan nomor Pendaftaran atau NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Nomor yang berjumlah 10 digit ini diperlukan untuk masuk melihat pengumuman. Prosesnya setelah akses ke laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id berhasil, nomor yang sudah disiapkan ini lalu diisikan pada kolom yang telah ditentukan.

2. Masukkan tanggal lahir

Selain nomor pendaftaran, tanggal lahir kamu merupakan kunci untuk login dalam pengumuman SBMPTN 2020. Masukkan tanggal lahir sesuai petunjuk pada kolom yang disediakan.

3. Klik 'Lihat Hasil'.

Tunggu sampai halaman berhasil memuat hasil SBMPTN untuk melihat hasilnya. Jangan lupa siapkan juga koneksi internet yang lancar.

Pengumuman SBMPTN 2020Pengumuman SBMPTN 2020 yang diumumkan pada akun medsos LTMPT Foto: Dok. LTMPT

Jangan panik kalau ternyata https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id berat atau susah untuk diakses. Para peserta dapat melihat pengumuman SBMPTN 2020 melalui link mirror berikut:

- https://sbmptn.unsyiah.ac.id/

- https://sbmptn.unand.ac.id/

- https://sbmptn.unsri.ac.id/

- https://sbmptn.ui.ac.id/

- https://sbmptn.ipb.ac.id/

- https://sbmptn.itb.ac.id/

- https://sbmptn.undip.ac.id/

- https://sbmptn.ugm.ac.id/

- https://sbmptn.unair.ac.id/

- https://sbmptn.its.ac.id/

- https://sbmptn.untan.ac.id/

- https://sbmptn.unhas.ac.id/


Bagi peserta yang dinyatakan lulus ada kewajiban untuk registrasi ke masing-masing PTN yang sudah dipilih. Sertifikat hasil nilai UTBK dapat diunduh atau download pada Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB atau sehari setelah pengumuman SBMPTN 2020.

Tonton video 'Uang Pendaftaran akan Dikembalikan Bila Peserta Tak Bisa Ikut Ujian UTBK':

[Gambas:Video 20detik]



(pal/erd)