Lengkap, Ini Isi Obrolan Hangat Jokowi dengan Fahri-Fadli

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 11:22 WIB
Jokowi
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin bersama Fadli Zon dan Fahri Hamzah (Foto: Tangkapan layar dari kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak merah meski kerap kali mendengarkan kritik dari Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Jokowi malah merangkul keduanya untuk berbicara mengenai demokrasi.

Hal itu terpotret setelah Jokowi menganugerahkan bintang tanda jasa kepada 53 tokoh, termasuk Fahri Hamzah dan Fadli Zon, di Istana Kepresidenan. setelah pemberian anugerah itu, Jokowi bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak Fahri dan Fadli untuk memberikan keterangan pers kepada media yang ditayangkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Penghargaan ini diberikan kepada beliau-beliau yang memiliki jasa terhadap bangsa dan negara, dan ini lewat pertimbangan-pertimbangan yang matang, oleh Dewan Tanda Gelar dan Jasa, jadi... pertimbangan yang sudah matang," ujar Jokowi mengawali penjelasannya.

Menurut Jokowi, jalan politiknya yang berbeda dengan Fahri dan Fadli bukan berarti permusuhan. Justru, menurut Jokowi, hal inilah yang namanya demokrasi.

"Bahwa misalnya ada pertanyaan mengenai Pak Fahri Hamzah, kemudian Pak Fadli Zon ya... berlawanan dalam politik, kemudian berbeda dalam politik itu bukan berarti kita ini bermusuhan dalam berbangsa dan bernegara, ya inilah yang namanya negara demokrasi. Jadi saya berkawan baik dengan Pak Fahri Hamzah, berteman baik dengan Pak Fadli Zon, jadi ya inilah Indonesia," ujar Jokowi.

Setelahnya, Fahri dipersilakan Jokowi berbicara. Fadli menyusul kemudian.

"Itu yang tadi beliau sampaikan sebagai negara demokrasi kita harus bisa memelihara persatuan dan kebersamaan, apalagi situasi sekarang kan lagi COVID dan sebagainya. Jadi saya kira itulah momennya sekarang bagi kita semua untuk mempersatukan bangsa kita," kata Fahri.

"Tentu penghargaan ini menurut saya adalah penghargaan kepada rakyat juga karena kita sama-sama menjaga demokrasi dari kepala negara, dari presiden, tadi apa yang disampaikan merupakan tradisi yang kita mempunyai tujuan yang sama, sama-sama merawat dan menjaga Indonesia," imbuh Fadli.

Tonton video 'Fahri-Fadli Jawab Layakkah Mereka Dapat Penghargaan dari Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Berikut obrolan lengkap Jokowi bersama Fahri dan Fadli:

Selanjutnya
Halaman
1 2