Bincang Hangat Jokowi-Fahri Hamzah Usai Penganugerahan di Istana

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 10:45 WIB
Presiden Jokowi dan Fahri Hamzah (Screenshot YouTube Setpres)
Presiden Jokowi dan Fahri Hamzah (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menganugerahkan bintang tanda jasa kepada sejumlah tokoh, termasuk Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Setelah pemberian anugerah itu, Jokowi dan Fahri terlibat perbincangan cukup lama dalam suasana yang cair.

Penganugerahan itu dilakukan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut mendampingi Jokowi.

Satu per satu nama tokoh yang mendapat penghargaan dibacakan dalam acara tersebut, termasuk Fahri Hamzah dan Fadli Zon, yang merupakan pimpinan DPR periode 2014-2019.

Setelah pembacaan penganugerahan, Jokowi dan Ma'ruf Amin menghampiri tokoh-tokoh tersebut untuk memberi selamat. Satu per satu tokoh dihampiri Jokowi dengan durasi interaksi sekitar 3 detik. Namun durasi interaksi Jokowi dengan Fahri lebih lama.

Jokowi dan Fahri tampak terlibat perbincangan sekitar 12 detik. Fahri dan Jokowi beberapa kali tertawa dan tersenyum ketika berbincang.

Apa yang diperbincangkan Jokowi dan Fahri? Isi pembicaraan tersebut tentu hanya diketahui Jokowi dan Fahri.

Fahri Hamzah, Waketum Partai Gelora, sebelumnya berbicara mengenai kondisi badan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Fahri menilai badan Jokowi semakin 'kempes'.

Penilaian itu disampaikan Fahri dalam perbincangan d'Rooftalk detikcom, Rabu (12/8/2020) malam. Fahri menanggapi perihal Jokowi yang dikritik karena dua kali marah-marah kepada menterinya.

"Bukan sekadar komplain, dia (Jokowi) bilang, 'Mas Fahri, berat badan saya itu nggak pernah turun lebih dari 2 kilo (kilogram), sekilo naik, sekilo naik. Sekarang 3 kilo nggak naik-naik. Kemarin saya lihat dia di Jawa Barat, ya Allah, tambah kempes kawan ini," kata Fahri. Politikus Gerindra Fadli Zon, yang juga hadir di d'Rooftalk detikcom, sontak tertawa.

(gbr/tor)