Fahri-Fadli Akan Terima Penghargaan Bintang Mahaputera di Istana Hari Ini

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 09:38 WIB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon
Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta -

Istana Negara hari ini akan menggelar upacara penganugerahan tanda kehormatan kepada 55 tokoh yang berjasa bagi negara. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Politikus Fahri Hamzah akan mengikuti acara penganugerahan itu.

"Iya (hari ini terima bintang tanda jasa di Istana)," ujar Fahri saat dimintai konfirmasi, Kamis (13/8/2020).

Fahri mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk datang ke Istana nanti. Dia bersiap seperti biasa.

"Biasa saja," ucap Fahri saat ditanya ada atau tidaknya persiapan khusus.

Fahri diketahui menjadi salah satu orang yang akan menerima penghargaan nanti. Selain Fahri, ada anggota DPR Fadli Zon. Tokoh lain yang akan menerima penghargaan antara lain dokter dan 22 tenaga medis yang gugur karena COVID-19, yang akan diberikan kepada perwakilannya.

"Ada 55 orang, termasuk jasa para dokter dan paramedis," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono lewat pesan singkat, Senin (10/8).

Bintang tanda jasa akan diberikan dalam rangka HUT ke-75 RI. Tahun lalu, ada 29 orang yang mendapat penghargaan ini.

Seperti dikutip dari situs Setkab.go.id, Bintang Mahaputera merupakan penghargaan atas jasa-jasa yang luar biasa seorang tokoh di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, serta kemakmuran bangsa dan negara.

Bintang Mahaputera terdiri atas dua jenis, yakni Bintang Mahaputera Utama dan Bintang Mahaputera Nararya. Bintang Mahaputera Utama dan Nararya ini diberikan dalam rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI.

Bintang jasa Mahaputera Nararya pernah diberikan kepada sejumlah tokoh lain. Beberapa di antaranya ialah pengusaha pengusaha dan CEO Mayapada Group Dato Sri Prof Tahir, Wakil Ketua Komisi Yudisial Periode 2013-2015 Abbas Said, hingga Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban periode 2008-2018 Abdul Haris Semendawai.

Tonton video 'Tanggapan Fahri-Fadli Soal Bintang Mahaputera Nararya dari Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/isa)