Round-Up

Safari Politik Gibran Menjemput Dukungan

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 06:51 WIB
Gibran Rakabuming Raka datangi kantor DPP Partai Golkar untuk terima SK dukungan dari Golkar. Gibran tampak pakai masker-face shield saat kunjungi kantor Golkar
Foto: Gibran Rakabuming Raka. (Rengga Sancaya/detikcom).
Jakarta -

Kekuatan Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020 kian besar. Setelah mendapat dukungan dari PDIP dan Partai Gerindra, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bersafari politik ke Jakarta menjemput dukungan dari Partai Golkar dan PAN.

Dalam safari politiknya pada Rabu (12/8/2020) ke Jakarta, Gibran datang bersama pasangannya di Pilwalkot Solo, Teguh Prakoso. Gibran-Teguh mendatangi Partai Golkar terlebih dahulu.

Berseragam putih-putih, Gibran-Teguh tiba di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, sekitar pukul 13.05 WIB. Gibran tampak memakai face shield dan masker.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan langsung surat keputusan (SK) dukungan kepada Gibran-Teguh. Gibran pun menganggap dukungan Golkar akan menambah kekuatan politiknya di Solo.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menyambangi kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (11/8/2020). Gibran datang untuk menerima secara langsung surat keputusan (SK) dukungan dari Golkar dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo dalam Pilkada Serentak 2020.Ketum Golkar Airlangga Hartarto memberi SK dukungan ke Gibran Rakabuming-Teguh. (Foto: Rengga Sancaya/detikcom).

"Bagi saya rekomendasi ini adalah sebuah tanggung jawab dan amanah untuk bisa memenangkan kontestasi pada 9 Desember nanti. Dan kerja sama dengan Golkar tentunya akan menambah kekuatan politik untuk bisa memenangkan kontestasi ini," ungkap Gibran usai menerima rekomendasi dukungan Golkar.

Putra sulung Jokowi ini meyakini kerja sama dengan Golkar ini akan memberikan dampak positif untuk masyarakat Solo. Gibran mengatakan, kerja sama politik itu demi kemajuan masyarakat.

"Saya dan Pak Teguh siap melakukan komunikasi intensif dan koordinasi dengan jajaran Partai Golkar Solo untuk bisa memenangkan kontestasi di 9 Desember nanti," lanjutnya.

Soal dukungan untuk Gibran, Airlangga mengatakan hal tersebut merupakan simbol kerja sama Golkar dan PDIP di Pilkada Serentak 2020. Sebab pada pilkada tahun ini, Golkar melakukan koalisi terbanyak dengan PDIP.

"Pada pertemuan ini Partai Golkar menyerahkan surat dukungan kepada Mas Gibran dan Mas Teguh untuk maju dalam Pilkada di Solo. Dengan diserahkan ini dan dihadiri Gibran, ini adalah simbol dari kerja sama Partai Golkar dan PDIP," kata Airlangga saat memberikan SK dukungan ke Gibran.

"Seperti yang disampaikan Mas Hasto Sekjen PDIP, kerja sama Golkar-PDIP ini adalah yang terbanyak dan koalisi terbanyak Partai Golkar juga dengan PDIP. Dengan demikian simbolisme ini diwujudkan dengan mendukung Gibran di Solo. Insyaallah dengan dukungan Partai Golkar dan partai lain, Gibran bisa memenangkan Pilkada di Solo," lanjut Menko Perekonomian itu.

Dari Golkar, Gibran langsung menyambangi PAN untuk menerima rekomendasi dukungan di Pilkada Solo 2020. Pemberian SK untuk Gibran-Teguh dilakukan di rumah dinas Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) di Jalan Widya Chandra IV No 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Saat memberikan SK dukungan PAN, Zulhas menyatakan Gibran merupakan pilihan terbaik di Solo. Oleh karena itu, ia menilai Gibran sudah selayaknya mendapat dukungan.

"Kita harus menyodorkan pemimpin yang terbaik. Kami menganggap Gibran ini pilihan terbaik untuk Surakarta. Muda, sukses, punya pengalaman, sudah bisa me-managed, dan sebagainya, dan regenerasi itu suatu keharusan, maka kami putus pada Saudara Gibran," tutur Zulkifli Hasan.

"Dan sekali lagi tugas parpol itu menyediakan, menyiapkan agar publik punya pilihan terbaik. Nah saudaraku, Gibran layak didukung dalam proses ini, PAN melihat Gibran sebagai salah satu calon pemimpin, tadi perlu kita sampaikan, sodorkan, walaupun tetap pada akhirnya Mas Gibran, rakyat Surakarta yang akan menentukan," tambah Wakil Ketua MPR itu.

Tonton video 'Tak Punya Kursi di Solo, PPP Hanya Bisa Dukung Gibran':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2