49 Pegawai Kemenkes Positif Corona, Sebagian Besar Diisolasi Mandiri

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 19:30 WIB
Poster
Foto ilustrasi virus Corona. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 49 pegawai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkonfirmasi positif virus Corona. Sebagian besar dari 49 pegawai tersebut menjalani isolasi mandiri.

"Iya benar (49 pegawai Kemenkes positif Corona). Jumlah itu sejak 22 Juni-7 Agustus. Sebagian besar isolasi mandiri," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes Didik Budijanto saat dimintai konfirmasi, Rabu (12/8/2020).

Menurut Didik, sebagian dari 49 pegawai tersebut ada yang sudah dinyatakan sembuh. Dia menyebut kantor Kemenkes tetap beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan di perkantoran.

"Jadi sudah ada yang sembuh. (49) itu jumlah kumulatif," terang Didik.

"(Kegiatan di kantor Kemenkes) tetap sesuai protokol kesehatan di perkantoran, dan sesuai dengan KMK (Keputusan Menteri Kesehatan) Nomor 328 Tahun 2020," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Kemenkes mencatat saat ini ada 802 klaster penyebaran COVID-19 di Indonesia. Kemenkes mengatakan klaster ini di-tracing setiap hari menggunakan big data yang dimiliki Kemenkes.

"Tracing kita terhadap klaster-klaster di Indonesia sekarang sudah ada 802 klaster, yang terakhir ini data 8 Juli di RSUD Sultan Sulaiman Serdang Bedagai, ya, jadi ini yang terbesarnya masih Secapa Polri, ya, saya nggak hafal semua, jadi kita men-tracing klaster-klaster terbaru setiap harinya menggunakan big data," ujar Staf Khusus Menkes dr Mariya Mubarika dalam diskusi virtual bertajuk 'Jalan Menemukan Penyembuh Covid-19: Membangun Optimisme Tanpa Hoaks' yang disiarkan live, Minggu (9/8).

Tonton video 'Per 12 Agustus Kasus Positif Corona di RI Jadi 130.718':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)