Ganjar Pranowo Diganjar Lencana Melati di Peringatan Pramuka Ke-59

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 18:05 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo (Humas Pemprov Jateng)
Jakarta -

Pramuka menggelar upacara peringatan Pramuka ke-59. Dalam acara itu, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen (Purn) Budi Waseso memberikan penghargaan berupa lencana kepada enam orang, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Upacara peringatan Pramuka ke-59 ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara, Rabu (12/8/2020). Jokowi dan semua peserta upacara mengenakan seragam pramuka lengkap dengan aksesori.

Penyerahan lencana itu dilakukan sebelum Jokowi menyampaikan amanat. Penghargaan lencana ditetapkan langsung oleh Budi Waseso.

"Ketua Kwartir Nasional menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan, pertama menganugerahkan tanda penghargaan gerakan Pramuka berupa lencana melati, lencana dharma bhakti, lencana karya bhakti, dan lencana teladan kepada kakak-kakak yang namanya tersebut dalam lampiran surat keputusan ini," kata Sekretaris Komisi Organisasi dan Hukum, Engkus Sutisna, saat membacakan penerima penghargaan.

Tiga kategori penghargaan ini diberikan kepada mereka yang berjasa bagi Pramuka di Indonesia. Mereka dinilai memberi pembinaan dan mengembangkan Pramuka dengan baik.

"Sebagai pernyataan penghargaan gerakan Pramuka atas jasanya yang sangat besar artinya bagi pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka. Kedua kepada yang bersangkutan diberikan pula piagam penghargaan," kata Engkus.

Berikut nama-nama yang menerima penghargaan:

1. Ganjar Pranowo, Ketua Majelis Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Lencana melati

2. Agus Tamran, Pelatuh Pembina Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakpus, Lencana Dharma Bhakti

3. Muhammad Ikhsan Idris, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel, Lencana Karya Bhakti

4. Nunik Hidayati, Wakil Ketua Dewan Kerja Daerah Jawa Timur, Lencana Pramuka Teladan

5. Muhammad Sadam Almasyah, Ketua Dewan Kerja Cabang Kota Bogor Kwartir daerah Jawa Barat, Lencana Pramuka Teladan

6. Abdul Ibrahim, Ketua Dewan Kerja Ranting Loa Janan, Kwartir Daerah Kaltim, Lencana Pramuka Teladan.

(zap/gbr)