Sempat Viral, Penjambret Kalung 20 Gram Nenek di Pondok Aren Ditangkap

Jehan Nurhakim - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 16:22 WIB
Penjambret viral di Pondok Aren ditangkap
Penjambret viral di Pondok Aren ditangkap (Jehan Nurhakim/detikcom)
Jakarta -

Pelaku penjambretan kalung 20 gram seorang nenek di Pondok Aren, Tangerang Selatan, yang sempat viral di media sosial, ditangkap polisi. Dua pelaku adalah RZ (22) dan NI (51).

Kapolsek Pondok Aren AKP Riza Sativa mengatakan bahwa kedua pelaku ditangkap di Kampung Babakan, Kota Tangerang, Jumat (7/8) pukul 17.00 WIB. Mereka diringkus petugas tanpa ada perlawanan.

"Pelaku RZ berhasil ditangkap dan kemudian telah dilakukan penangkapan terhadap penadah saudara NI. Tidak ada perlawanan. Keduanya warga Babakan, Kota Tangerang," kata Riza kepada wartawan di Polsek Pondok Aren, Tangerang Selatan, Rabu (12/8/2020).

Pelaku saat itu menghampiri korban yang sedang menyapu halaman rumahnya. Pelaku berpura-pura menanyakan alamat rumah kepada korban.

"Bahwa mereka melakukan kejahatannya dengan cara berpura-pura mencari alamat kepada korban. Saat mendekati korban pelaku langsung menarik kalung emas korban," tuturnya.

Riza menjelaskan masih ada satu tersangka yang masih DPO, yaitu Denny. Pelaku berperan sebagai eksekutor yang melakukan penjambretan bersama RZ.

Atas perbuatan tersebut, pelaku RZ disangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. Sedangkan NI dikenai Pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, aksi penjambretan terhadap nenek di Pondok Aren, Tangsel, ini viral di media sosial.

Berdasarkan video CCTV yang beredar viral di medsos, terlihat seorang nenek yang disebut berusia sekitar 89 tahun sedang menyapu jalan. Kemudian tiba-tiba datang dua orang berboncengan sepeda motor.

Awalnya pelaku sempat berhenti dan menghampiri korban. Namun tiba-tiba tampak dalam CCTV itu salah satu pelaku menarik secara paksa kalung yang ada di leher korban. Setelah itu, kedua pelaku pun langsung kabur ke luar gang menuju jalan raya.

(mea/mea)