Jangan Asal! Ini Cara Menegur Orang Lain Soal Protokol Kesehatan

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 16:12 WIB
Ilustrasi Bermasker
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi ini membuat setiap orang harus menjalani protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah. Namun, ada saja oknum-oknum yang merasa hal tersebut tidak harus dilakukan dan terkadang membuat kita kesal.

Memang masyarakat dianjurkan untuk menegur orang-orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Bahkan Presiden Joko Widodo juga mengimbau bagi masyarakat jika ada yang melihat orang lain tidak mematuhi protokol kesehatan harus segera ditegur.

Nah, biar nggak asal menegur, coba deh menegur dengan cara ini biar kedua belah pihak sama-sama nyaman. Dilansir dari Teen Vogue, seorang Epidemiologis dan juga asisten profesor di Harvard University Julia Marcus mengatakan berbicara dengan empati lebih efektif untuk memberitahu orang agar menggunakan masker dibandingkan mempermalukan mereka atas tindakannya.

Jadi pertama-tama cobalah untuk tidak mempermalukan dirinya, ini karena orang-orang tersebut masih membutuhkan sebuah edukasi terkait COVID-19. Untuk itu berikanlah mereka edukasi soal fakta-fakta COVID-19 yang sedang ada sekarang.

Lalu cobalah untuk menegurnya dengan tenang dan tidak terpancing emosi, ini bisa saja terjadi ketika orang ditegur bukannya mendengarkan justru malah menolak dan marah-marah. Ketika dirinya marah, cobalah untuk tenang dan berikan lagi edukasi terkait COVID-19, dan ketika masih tidak mau mendengarkan lebih baik tinggalkan.

Lebih lanjut, bila memutuskan untuk tidak berbicara cobalah untuk memberikan sebuah tanda kalau dirinya harus menerapkan protokol kesehatan. Hal itu bisa dilakukan dengan berpura-pura menaikan masker, atau memberikan gesture untuk menjaga jarak dan lain sebagainya, dengan gesture tersebut diharapkan dirinya bisa mengerti dan menerapkan protokol kesehatan.

Pada saat ini memang protokol kesehatan wajib dilakukan apalagi tempat-tempat ramai seperti mall, restoran hingga tempat rekreasi. Jadi kalau nanti ada orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan, jangan ragu untuk menegurnya tapi tetap dengan sopan dan tenang ya.

(ega/ega)