Gerindra Surati Kapolri, Polda Sumbar: Kasus Bupati Agam Pidana Murni

Idham Kholid - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 10:05 WIB
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu (Sultan Jeka Kampai/detikcom)
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu (Sultan Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Polda Sumatera Barat (Sumbar) menjawab kritik Gerindra soal penetapan Bupati Agam Indra Catri sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian dan perbuatan tidak menyenangkan. Polisi menegaskan penetapan itu murni karena masalah pidana.

"Itu pidana murnilah, tidak ada unsur politiknya, itu saja," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu saat dihubungi, Rabu (12/8/2020).

Satake menjelaskan penetapan tersangka Bupati Agam ini merupakan pengembangan. Berkas perkara tiga tersangka sebelumnya dinyatakan lengkap atau P21 oleh kejaksaan.

"Itu kan kasus yang sebelumnya sudah P21, tiga tersangka yang sebelumnya. Ada pendalaman, kemudian juga hasil gelar perkara di Bareskrim Polri, baru ada penetapan tersangka tambahan itu, pengembangan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade mengkritik penetapan tersangka Indra. Sebab, hal itu dilakukan menjelang Pilgub Sumbar 2020.

"Kami sudah mengetahui penetapan status sebagai tersangka itu dan kami sangat keberatan karena status tersebut bisa mencederai proses demokrasi yang sedang berlangsung," katanya kepada wartawan, Selasa (11/8/2020).

Gerindra merasa keberatan atas penetapan status tersangka Indra Catri karena Indra Catri sudah ditetapkan secara resmi sebagai bakal calon Wakil Gubernur Sumbar pada pilkada Desember mendatang. Catri dipasangkan dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Nasrul Abit-Indra Catri diusung Gerindra untuk maju pada Pilgub Sumbar 2020.

"Hari ini, DPP Partai Gerindra sudah berkirim surat kepada Kapolri c/q Kabareskrim, di mana Partai Gerindra menyatakan keberatan terhadap status tersangka yang ditetapkan kepada Indra Catri, karena Gerindra sudah secara resmi mengusung Indra Catri sebagai bakal calon, berpasangan dengan Nasrul Abit," jelas Andre.

Tonton video 'Polda Sumbar Tetapkan Bupati dan Sekda Agam Sumbar Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2