PAN Resmi Usung Gibran Rakabuming di Pilkada Solo

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 05:48 WIB
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tiba di DPP PDIP Jakarta. Kedatangannya itu untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan Pilkada Solo.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengusung pasangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020. Pengusungan ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi.

"PAN mencalonkan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai calon walikota dan wakil walikota Surakarta di Pilkada 2020," ujar Viva dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Gibran dijadwalkan akan bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan. Pertemuan itu akan dijadwalkan di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI, siang ini.

Viva menjelaskan beberapa pertimbangan PAN mengusung Gibran. Menurutnya suara Gibran mewakili suara anak muda. Gibran dinilai memiliki tekat yang kuat untuk berbakti dan mengabdi untuk Solo.

"Mas Gibran mewakili generasi milineal yang berpeluang untuk berkompetisi di pilkada. PAN itu partainya kaum anak muda. Makanya PAN memberikan support politik dalam Pilkada Solo," lanjutnya.

Viva mengungkap Gibran memiliki tujuan yang jelas untuk masa depan Solo. Gibran menginginkan Solo menjadi kota yang modern tanpa menyingkirkan budaya lokal.

"Mas Gibran memiliki sikap terbuka dan toleran, sehingga menjadi modal dalam memimpin pemerintah daerah Solo. Sikap keterbukaan akan menjadi nilai lebih dalam proses perumusan kebijakan daerah sehingga dapat menghasilkan keputusan yang tepat bagi kepentingan daerah dan masyarakat," kata Viva.

(isa/zap)