Kemenhub Gandeng PWI Tangkal Maraknya Berita Hoaks

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 20:54 WIB
Menhub Budi Karya (Lisye-detikcom)
Menhub Budi Karya (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dirinya sadar akan bahaya hoax yang diterima masyarakat. Karena itu pihaknya merangkul organisasi pers seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk mengatasi derasnya penyebaran hoax, terutama terkait sektor transportasi.

"Saya pikir di masa pandemi, khususnya media mainstream suatu mitra sangat strategis bagi Kemenhub. Informasi oleh anggota PWI memberikan sosialisasi dan edukasi publik untuk sektor transportasi," ujar Budi Karya Sumadi, Senin sore (10/8/2020).

Hal itu disampaikan Budi Karya Sumardi saat bertemu secara virtual dengan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari. Budi Karya menuturkan transportasi menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat sehingga informasi soal kegiatan transportasi menjadi hal penting.

"Kita melihat bahwa proses edukasi ini juga dibutuhkan sekarang," tutur Budi Karya, didampingi Staf Ahli Menhub Adita Irawati dan Plt Karo KIP Kemenhub Robby Karoren.

Budi Karya Sumadi menilai banyak sekali tugas-tugas yang harus dilakukan pihaknya dan PWI untuk memberikan edukasi kepada publik di masa new normal atau masa kenormalan baru di tengah pandemi Corona (COVID-19).

"Presiden berulang-ulang menyampaikan, di satu sisi kita tidak pernah meninggalkan atau kita sangat concern dengan COVID-19 dengan protokol kesehatan," ucap Budi Karya Sumadi.

Di sisi lain, lanjut dia, protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona tetap harus dijalankan. "Kita harus juga move on dengan kegiatan yang sudah diamanat pada tahun anggaran ini," imbuh Budi Karya.

Budi Karya memandang keberadaan media mainstream adalah penyeimbang derasnya konten media sosial yang bermuatan negatif. Budi Karya mengaku membutuhkan dukungan PWI untuk memerangi hoax.

"Kami sangat membutuhkan dukungan rekan-rekan PWI, agar media sosial yang punya kecenderungan menyampaikan berita bohong itu dapat dilawan dan kalau bisa dapat ditiadakan," tambahnya.

Sementara itu, Atal S Depari menyambut baik ajakan Kemenhub mengatasi maraknya hoax di medsos terkait Corona. PWI juga menyampaikan rasa syukur atas kondisi Budi Karya yang sembuh dari Corona.

"Kami menunjukkan simpati (Menhub) telah pulih kembali, alhamdulillah. Puji syukur. Sinergitas hubungan baik dapat tetap kita jaga dengan Kementerian Perhubungan selama ini," tandas Atal S Depari, didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi; Ketua Bidang IT Auri Jaya; dan Wakil Bendahara Umum Dar Edi Yoga.

(aud/aud)