Mega Soroti Kepala Daerah di Sumut Banyak Korupsi, Djarot: Ini Tantangan

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 14:33 WIB
Plt Ketua PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat (Datuk Haris Molana-detikcom)
Ketua PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyoroti banyaknya kepala daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang terjerat kasus korupsi. Ketua PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan masalah korupsi kepala daerah merupakan tantangan yang harus diselesaikan.

"Tadi ketika pidato Ibu Ketua Umum disinggung juga untuk Sumatera Utara. Sumatera Utara ini saya mohon maaf, fakta menunjukkan tingkat korupsinya sangat tinggi, mereka yang terkena kasus hukum. Ini tantangan juga ke depan," kata Djarot di DPD PDIP Sumut, Medan, Selasa (11/8/2020).

Djarot mengatakan para bakal calon kepala daerah yang diusung PDIP harus mewujudkan pemerintahan yang bersih. Dia mengatakan pemimpin yang bersih bakal dicintai rakyat.

"Bagaimana membangun pemerintahan yang bersih, yang betul betul bisa dicintai oleh rakyatnya," katanya.

Djarot menyebut para bakal calon kepala daerah yang diusung PDIP sudah diberi pelatihan. Dia juga mengingatkan para bakal calon kepala daerah, terutama Medan, untuk bekerja keras.

"Saya bilang sama Mas Bobby sama Mas Aulia Rachman, karena Kota Medan itu agak tertinggal dengan kota besar yang lain maka harus bekerja lebih keras. Jadi beliau betul betul belajar," jelasnya.

Sebelumnya, Megawati menyoroti kepala daerah yang tersandung kasus korupsi. Dia mencontohkan kasus-kasus kepala daerah di Sumut.

"Tapi belum tentu. Republik ini pintar. Suatu saat kejadian begini terus, pasti akan diubah undang-undangnya. Bahwa yang namanya eksekutif juga dapat, dapat harusnya diberikan sanksi. Tapi kan ndak enak. Coba, seperti Sumatera Utara. Coba itu tadi satu rengreng banyak sekali, to. Tolong dipikir, tolong diingat, berapa gubernur yang kena, berapa wali kota yang kena. Semuanya urusannya adalah masalah hukum. Coba saja dilihat," kata Megawati saat memberikan rekomendasi tahap ke-3 bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2020.

Sebagai informasi, ada 13 kepala daerah dari Sumut yang terjerat kasus korupsi. Jumlah itu hanya kepala daerah yang kasus korupsinya ditangani oleh KPK. Berikut ini daftarnya:

1. Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin
2. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho
3. Wali Kota Medan Abdillah
4. Wakil Wali Kota Medan Ramli
5. Bupati Nias Binahati B Baeha
6. Bupati Nias Selatan Fahuwusa Laia
7. Wali Kota Pematangsiantar Robert Edison Siahaan
8. Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara
9. Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang
10. Bupati Batu Bara OK Arya Zulkarnaen
11. Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap
12. Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu
13. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin

(haf/haf)