PKB: Karakter Jokowi, Rangkul dan Tak Anggap Musuh Fahri Hamzah-Fadli Zon

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 14:13 WIB
Wasekjen PKB sekaligus wakil ketua Komisi IV DPR
Foto: Daniel Johan. (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan penghargaan bintang tanda jasa kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon. PKB menilai meski Fahri dan Fadli kerap mengkritik, namun Jokowi tetap merangkul dan tak menjadikan keduanya sebagai musuh.

"Karakter khasnya Pak Jokowi, meski sebelumnya Bang Fadli dan Bang Fahri sangat kritis terhadap Presiden Jokowi, tetap dirangkul dan tidak dianggap musuh, figur negarawan yang mumpuni," kata Ketua DPP PKB, Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (11/8/2020).

Pemberian bintang tanda jasa kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon dinilai perlu ada penjelasan ke masyarakat. Namun, Daniel meyakini Jokowi memiliki alasan tersendiri memberi penghargaan kepada keduanya.

"Meski tentu Pak Jokowi tetap memperhatikan kriteria kepantasan, setidaknya kiprah Bang Fadli dan Bang Fahri sebagai pimpinan DPR yang mampu mengawal perjalanan bangsa ini berjalan baik, tapi banyak sukarelawan yang mempertanyakan hal ini sehingga perlu dijelaskan sehingga semua paham secara baik," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan memberikan penghargaan Bintang Mahaputra Nararya kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan penghargaan dari presiden itu bisa diperoleh oleh mantan pimpinan lembaga negara.

"Bisa dijelaskan bahwa pemberian bintang Mahaputra kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah adalah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mantan ketua/wakil ketua lembaga negara, mantan menteri dan yang setingkat mendapat bintang jasa seperti itu jika selesai tugas dalam satu periode jabatan," kata Mahfud melalui akun Twitter resminya, Senin (10/8).

(rfs/elz)