Jokowi: Urusan Masker Kita Kerjakan All Out dan Masif

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 11:05 WIB
Presiden Jokowi
Foto Presiden Jokowi: Muchlis Jr-Biro Pers Setpres
Bandung -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemakaian masker menjadi kunci protokol kesehatan untuk menghindari Corona (COVID-19). Jokowi meminta seluruh jajaran baik Satgas hingga Pemda bekerja optimal menangani masalah terkait masker.

"Saya harapkan dari Pangdam beserta seluruh jajaran, Polda seluruh jajarannya juga mem-backup terutama dalam kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Utamanya lagi penggunaan masker, utama urusan masker ini, disamping tentu saja yang berkaitan dengan jaga jarak, cuci tangan, tidak berada dalam kerumunan jumlah banyak, tapi masker menjadi kunci," ujar Jokowi saat meninjau Posko Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar, Bandung, Selasa (11/8/2020).

Jokowi juga mengutip pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait pentingnya penggunaan masker. Menurut Jokowi kita lebih baik memilih masker ketimbang lockdown atau PSBB.

"Seperti tadi disampaikan olek Pak Gubernur, pilih lockdown atau pilih masker?, pilih PSBB atau pilih masker? Kita pilih pakai masker," tegas Jokowi.

Jokowi kemudian menyoroti masih ada beberapa daerah yang warganya kurang mematuhi aturan penggunaan masker. Oleh karena itu, Jokowi meminta seluruh jajaran Satgas Penanganan COVID hingga Pemda bekerja maksimal menyelesaikan masalah masker.

"Tapi memang kita tahu di masyarakat kita, survei yang kita lakukan. Saya nggak sebut provinsi, 70 persen belum memakai masker. Ini di satu provinsi di Jawa, ini suatu angka besar sekali. Kita harapkan di sini, saya sudah sampaikan dalam 2 minggu ini dibantu TNI, Polri, Gugus Tugas, masker ini betul-betul, urusan masker ini kita kerjakan secara all out dan masif," katanya.

"Jadi tolong permintaan untuk masker disampaikan kepada ketua komite, Ketua satgas sehingga benar-benar urusan masker ini bisa kita selesaikan, karena ini akan menyelesaikan banyak hal berkaitan dengan COVID," sambung Jokowi.

(zap/fjp)