Ridwan Kamil soal PSBB Jabar: Keputusan Terbaik Ikuti Arahan Pak Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 10:43 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) didampingi Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum (kanan) dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi (kiri) menyampaikan arahan saat rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Makodam III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/6/2020). Rapat tersebut membahas evaluasi dan perkembangan penanganan dalam memutus rantai penularan COVID-19 di Jawa Barat. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Ridwan Kamil / Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyebut keputusan terbaiknya dalam menangani pandemi COVID-19 adalah mengikuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PSBB di Jabar diterapkan di seantero provinsi.

"Salah satu keputusan terbaik, kalau boleh saya laporkan pak, adalah mengikuti arahan bapak. Kami mem-PSBB-kan seluruh provinsi," kata Ridwan Kamil (RK) dalam rapat penanganan COVID-19 di Jawa Barat bersama Jokowi, Selasa (11/8/2020).

Menurut Ridwan Kamil, PSBB di Jabar adalah keputusan paling masif. Pergerakan 50 juta warga di Jabar dikendalikan hingga perbatasan antarkota diatur.

Presiden Jokowi kunker ke Jawa Barat dan disambut Gubernur Ridwan Kamil.Presiden Jokowi kunker ke Jawa Barat dan disambut Gubernur Ridwan Kamil. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Saat ini, Ridwan Kamil melaporkan kasus Corona aktif di Jabar kurang lebih 2.900 orang dan 4.400 orang sembuh. Menurutnya, angka kasus Corona bisa ditekan berkat PSBB.

"Dengan PSBB skala provinsi ini, bapak bisa liat angka reproduksi COVID-19 terkendala di bawah angka 1," ujarnya.

Saat ini, Jawa Barat menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Ridwan Kamil juga mengaku telah menjalankan prinsip 'gas-rem' untuk ekonomi dan kesehatan yang selalu digaungkan Jokowi.

"Kami melihat dengan situasi AKB sekarang, kita bisa meggunakan teori yang bapak sampaikan yaitu gas dan rem," ucap Ridwan Kamil.

(imk/fjp)