Bobby Harus Lepas Image 'Mantu Presiden' Kalau Mau Menang Pilkada

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 07:35 WIB
Ahmad Arfah Lubis-detikcom/ Bobby Nasution
Foto: Ahmad Arfah Lubis-detikcom/ Bobby Nasution
Jakarta -

Image 'menantu Presiden Jokowi' dinilai bisa jadi sandungan Bobby Nasution untuk meraup suara di Pilkada Medan. Masyarakat Medan dinilai memiliki sentimen negatif terhadap Jokowi dan berpengaruh pada kekalahannya di Medan pada Pilpres 2019 lalu.

"Saya pikir belum tentu menguntungkan bagi Bobby Nasution. Apalagi di Kota Medan belum tentu masyarakat respek dan hormat ke Pak Jokowi, boleh jadi sintemennya negatif," kata pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Menurut Pangi, akan sulit bagi Bobby memenangi Pilkada Medan dengan embel-embel menantu Jokowi. Bobby disebutnya harus bekerja keras membangun branding karena dinilai tidak akan mendapatkan efek ekor jas (coattail effect) dari Jokowi.

"Justru 'Bobby menantu Jokowi', tidak menguntungkan terhadap Bobby. Bisa jadi batu sandungan, yang nggak senang dan tak puas dengan pemerintahan Jokowi, pasti sulit mereka menjatuhkan pilihan memilih Bobby. Beliau harus bekerja lebih keras lagi. Nggak mudah memang, beliau harus bangun branding sendiri, nggak bisa mengharapkan, mendompleng sebagai menantu Presiden, kecuali sentimen rakyat Medan positif," jelas Pangi.

"Ini saya perhatikan sentimen masyarakat Medan terhadap Jokowi negatif. Lain cerita kalau Jokowi sedang lagi moncer dan lagi disenang-senangi rakyat, ini kan sedang redup, jadi nggak mungkin berharap banyak bahwa Bobby mendapatkan coattail effect dari Jokowi," imbuhnya.

Tonton video 'Gerindra Dukung Bobby di Pilkada Medan, Minta Kadernya Jadi Wakil':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2