Walkot Bogor Jajal Hiking, Jogging dan Flying di Lanud ATS

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 20:48 WIB
Pemkot Bogor
Foto: Dok. Pemkot Bogor
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya mengikuti olahraga bersama Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja (Danlanud ATS) Marsekal Pertama (Marsma) Eding Sungkana dan para tokoh Bogor yang tergabung dalam komunitas Bogor Sahabats (Bobats) di Skadron 6 Lanud ATS, Jalan Raya Semplak.

Olahraga yang disuguhkan dalam kesempatan tersebut adalah hiking dan jogging yang setiap akhir pekan rutin dilakukan para anggota Bobats. Kali ini, selain mengeksplorasi alam di sekitar Lanud ATS, Danlanud ATS menyuguhkan banyak hal terkait dengan matra Angkatan Udara yang ada di Lanud ATS, seperti pesawat militer yang ada di Skadron 6 dan 8, pesawat di unit SAR Nasional hingga olahraga dirgantara.

Bima Arya diajak untuk mencicipi terbang memantau kondisi Kota Bogor dari udara menggunakan pesawat dari Federasi Aeromodeling Seluruh Indonesia (FASI), pada Minggu (9/8).

"Biasanya setiap akhir pekan itu trekking, jogging, eating. Kalau sekarang ada flying. Ini mahal pengalamannya. Walaupun agak kaget juga pas di atas ketinggian sekitar 2.000 ft. Kemudi pesawatnya di kasih ke saya, di lepas 5 menit oleh pilotnya. Agak grogi, tapi itu pengalaman seumur hidup berkesan," ungkap Bima Arya dalam keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Bima Arya mengatakan selain trek di landasan pacu, peserta juga diajak mengeksplor kawasan sekitar dengan melewati perkebunan, bukit dan pemukiman penduduk.

"Kita baru juga tadi eksplor semua. Kita tahu ATS itu luas, tapi baru tadi melihat dan semakin yakin ATS ini sangat cocok dan tinggal tunggu saatnya menjadi lapangan terbang komersial," ujar Bima Arya.

"Tadi saya cek ternyata sudah di provinsi prosesnya sekarang. Sebagian besarnya kan ini wilayah kabupaten, nanti kita lihat data detail berapa luas kota di sini dan apa saja yang bisa Pemkot Bogor intervensi di sini," tambahnya.

Kata Bima Arya, selama ini sinergi Pemkot Bogor dan Lanud ATS sangat berjalan dengan baik dengan dikucurkannya hibah untuk kendaraan operasional, pembangunan mess, pembangunan masjid di Lanud ATS dan lain sebagainya.

"Lanud ATS merupakan aset yang luar biasa. Semoga ke depannya bisa terus bersinergi. Sekali lagi terima kasih komandan (Lanud ATS), mudah-mudahan persahabatan kita terus terjaga," kata Bima Arya.

Sementara itu, Danlanud Marsma TNI Eding Sungkana mengatakan kegiatan olahraga santai tersebut merupakan silaturahmi yang rutin dilakukan. "Kebetulan hari ini dilaksanakan di Lanud ATS. Kemudian kita suguhkan rute gerak jalan yang ringan sebenarnya karena hanya sekitar 6 kilometer," ungkap Eding.

"Intinya, kita ingin silaturahmi kemudian ingin tetap menjalankan olahraga, tetap aktif menjaga kesehatan kita. Tentunya sambil tetap melaksanakan instruksi pemerintah terkait dengan protokol kesehatan," tambahnya.

Terkait dengan lapangan terbang komersil, Eding mengungkapkan bahwa Provinsi Jawa Barat sedang mengkaji kelayakan Lanud ATS. "Sekarang di tingkat provinsi sedang ada kelanjutan untuk pengkajian apakah layak atau tidak. Nanti akan diputuskan di tingkat provinsi dulu, setelah itu baru di sounding ke pusat. Saya masih belum tahu sampai kapan, karena prosesnya masih di provinsi," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula para tokoh bogor dari berbagai kalangan, mulai dari budayawan, rektor, pengusaha, pimpinan media dan lain sebagainya

(prf/ega)