PAN-PKS Koalisi di 4 Pilkada Jambi, Buka Peluang Bersatu di Pilgub

Ferdi Almunanda - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 19:43 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Pilkada Langsung Ditinjau Ulang (Nadia Permatasari/detikcom)
Foto Ilustrasi Pilkada (dok. detikcom)
Jambi -

Dua partai besar, yakni PAN dan PKS, di Jambi kompak dalam mengusung empat pasangan kandidat untuk maju sebagai calon bupati dan wali kota di empat daerah di Jambi. PAN dan PKS juga membuka peluang berkoalisi di Pilgub Jambi.

"Daerah yang sudah PAN usung di Pemilihan Bupati (Pilbup) Jambi ini ada di Kabupaten Bungo, kemudian Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kota Sungai Penuh. Empat daerah itu PAN berikan rekomendasi kepada pasangan yang maju, termasuk PKS juga ikut mengusungnya," kata Ketua DPW PAN Jambi, A Bakri, saat dihubungi detikcom, Senin (10/8/2020).

PAN dan PKS tidak menutup peluang berkoalisi untuk pergelaran 4 pilkada di Jambi nanti. Dua partai ini juga membuka peluang berkoalisi di pemilihan gubernur (pilgub) dan wakil gubernur Jambi.

"Ya bisa jadi koalisi itu terbentuk. Jadi jika Pilgub Jambi nanti PAN akan ikut mengusung calon yang sudah diusung lebih dulu oleh PKS, kenapa tidak. Itu bisa-bisa saja," ujar Bakri.

Bahkan Pilgub Jambi 2020 akan menjadi prioritas partai untuk dapat menang dalam menunjukkan taring mereka. Di Pilkada Jambi 2020 nanti, partai berlambang matahari itu juga mengharapkan kemenangan di kontestasi politik 5 tahunan tersebut. Sejauh ini PAN juga menjadi partai pilihan para kandidat yang bakal maju menjadi kepala daerah di Jambi.

"Tentu Pilkada Jambi 2020 ini menjadi momentum bagi kita untuk bisa menang, karena tujuan kita juga tidak muluk-muluk ya pasti berharap menang. Dan kita yakin beberapa calon yang sudah kita berikan rekomendasi maju di Pilbup nanti juga dapat terpilih sebagai kepala daerah," ujar Bakri.