Tim SAR Temukan 1 Polisi yang Hilang di Laut Kaltara

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 16:28 WIB
Jenazah salah satu polisi yang hilang di laut Kaltara, Brigadir Ivan Dilasman ditemukan oleh Tim SAR
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Salah satu polisi yang hilang di perairan Kalimantan Utara (Kaltara) ditemukan dalam kondisi gugur. Korban yang ditemukan adalah Brigadir Ivan Dilasman (sebelumnya ditulis Bilasman).

"Penemuan mayat korban dengan data korban atas nama Brigadir Ivan Dilasman bin Dulaman. Jabatan PS Patek (Perwira Sementara Perwira Teknik) II KP Kepodang-5001," kata Direktur Polisi Air (Dirpolair) Korpolairud Baharkam Polri Brigjen M Yassin Kosasih dalam keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Yassin menjelaskan korban ditemukan siang tadi, sekitar pukul 13.00 WIB. Lokasi penemuan korban di perairan Pulau Tibi-Mangkudulis, Kabupaten Bulungan, Kaltara.

"Koordinat penemuan korban 3° 33'831 N - 117. 22'031' E. Jarak dari TKP sekitar 4,8 NM daerah Mangkudulis Atas," jelas Yassin.

Yassin menerangkan jenazah telah dibawa ke RSUD Tarakan untuk dilakukan visum. Pihaknya pun akan mengurus kepulangan jenazah ke keluarganya.

Konpers penemuan jenazah Brigadir Ivan Dilasman, salah satu polisi yang hilang saat speed boat tenggelam di laut KaltaraKonferensi pers penemuan jenazah Brigadir Ivan Dilasman, salah satu polisi yang hilang saat speedboat tenggelam di laut Kaltara (Foto: dok. Istimewa)

"Korban dievakuasi dari TKP penemuan menuju Dermaga Ditpolairud Polda Kaltara dengan menggunakan Alpung RIB Basarnas Tarakan, dan dilanjutkan menuju RSUD Tarakan guna penanganan lebih lanjut," tutur Yassin.

Sebelumnya diberitakan, kapal cepat (speedboat) patroli bermesin 40 pk yang diawaki anak buah kapal KP Kapodang 5001 tenggelam di laut Pulau Tibi, Kabupaten Tanah Tidung, Kaltara. Akibat kejadian itu, tiga polisi hilang.

Insiden itu terjadi pada Sabtu (8/8) malam. Mulanya enam personel Polairud Mabes Polri melakukan patrol di perairan Pulau Tibi. Namun saat itu cuaca memburuk.

Tiga polisi yang dinyatakan hilang hingga kemarin malam yaitu:

- Brigadir Ivan Dilasman
- Bharatu Yoseph Arianto
- Bharatu Donni Budi Santoso

(aud/jbr)