Akses Laman LTMPT, Siapkan 4 Hal Ini Sebelum Lihat Pengumuman SBMPTN 2020

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 13:37 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SBMPTN 2018 (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Akses Laman LTMPT, Siapkan 4 Hal Ini Sebelum Lihat Pengumuman SBMPTN 2020 (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi resmi memajukan jadwal pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dari semula 20 Agustus menjadi 14 Agustus. Dikutip dari laman resmi LTMPT, pengumuman hasil SBMPTN rencananya akan dilaksanakan pada Jumat, 14 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB.

Juru bicara LTMPT Anwar Effendy mengatakan alasan dimajukannya pengumuman SBMPTN 2020 adalah saat ini sejumlah perguruan tinggi juga menggelar seleksi mandiri. LTMPT memutuskan memajukan pengumuman hasil SBMPTN 2020 agar perguruan tinggi negeri memiliki cukup waktu melakukan seleksi mandiri. "Agar masih ada waktu yang cukup untuk proses seleksi mandiri di masing-masing PTN," kata Anwar kepada detikcom, Senin, 10 Agustus 2020.

Nah, bagi detikers yang kemarin sudah mengikuti UTBK, pengumuman hasil SBMPTN 2020 bisa dilihat di laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id pada Jumat, 14 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB. Di laman LTMPT, detikers tak hanya bisa melihat pengumuman hasil SBMPTN 2020, namun juga dapat mengetahui jadwal dan informasi terkait lainnya.

Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, pernah terjadi laman LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id sulit diakses karena tingginya pengakses saat pengumuman hasil SBMPTN 2020. Setidaknya ada empat hal yang perlu disiapkan sebelum mengakses laman LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

4 Hal yang perlu disiapkan sebelum akses laman LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id


1. Siapkan NISN

NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional atau Nomor Pendaftaran yang akan digunakan untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN 2020. Setelah berhasil login ke laman LTMPTNISN, NISN harus diisikan di kolom yang telah ditentukan untuk bisa melihat pengumuman SBMPTN.

2. Tanggal Lahir

Jangan lupa tanggal lahir. Sebab, selain NISN dan nomor pendaftaran, tanggal lahir diperlukan untuk bisa mengakses link pengumuman hasil SBMPTN 2020.


3. Pastikan Jaringan Internet Lancar

Sebelum mengakses laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN 2020, pastikan memiliki kuota internet yang cukup agar koneksi jaringan lancar.

4. Ada alternatif Laman Mirror

Apabila mengalami kesulitan mengakses laman utama pengumuman hasil SBMPTN 2020 di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id, ada alternatif situs lain yang bisa digunakan. Selain laman resmi LTMPT, ada sejumlah laman mirror yang bisa digunakan untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN 2020. Ada 12 link yang bisa digunakan untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN 2020:

https://sbmptn.ui.ac.id
http://sbmptn.ugm.ac.id
http://sbmptn.undip.ac.id
http://sbmptn.unair.ac.id
http://sbmptn.unsri.ac.id
http://sbmptn.untan.ac.id
http://sbmptn.itb.ac.id
http://sbmptn.its.ac.id
http://sbmptn.ipb.ac.id
http://sbmptn.unand.ac.id
http://sbmptn.unhas.ac.id
http://sbmptn.unsyiyah.ac.id

(erd/erd)