Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 5.000 Meter

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 11:07 WIB
Erupsi Gunung Sinabung (dok. Istimewa)
Erupsi Gunung Sinabung (Foto: Istimewa)
Karo -

Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali meletus pagi ini. Tinggi kolom abu kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau 7.460 meter di atas permukaan laut.

"Tinggi kolom abu teramati kurang-lebih 5.000 meter di atas puncak atau kuran lebih 7.460 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara," kata Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Riadil menyampaikan informasi tersebut berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung. Erupsi terjadi sekitar pukul 10.16 WIB tadi.

Dia meminta warga tak melakukan aktivitas di radius 5 km dari Gunung Sinabung. Warga juga diminta selalu memakai masker untuk mencegah bahaya abu vulkanik.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," tuturnya.

Sebelumnya, erupsi Gunung Sinabung terjadi lagi setelah sempat 'tertidur' selama 1 tahun. Gunung Sinabung meletus dua kali pada Sabtu (8/8).

Hujan abu vulkanik pun terjadi di wilayah Karo. Jalan serta rumah warga tertutup abu.

(haf/haf)