PA 212 Sebut Habib Rizieq-UAS di Pilpres, PPP Singgung Tokoh NU-Muhammadiyah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 10:54 WIB
Arsul Sani
Foto: Arsul Sani. (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom).
Jakarta -

Persaudaraan Alumni (PA) 212 menyebut sejumlah nama untuk Pilpres 2024, termasuk Habib Rizieq Shihab hingga Ustaz Abdul Somad (UAS). PPP pun menyinggung NU dan Muhammadiyah juga punya tokoh mumpuni.

"PPP melihat sisi positifnya saja terhadap dimunculkannya sejumlah nama untuk Pilpres 2024 dari berbagai elemen masyarakat maupun parpol. Positifnya adalah dengan demikian diskursus kepemimpinan nasional menjadi perhatian bangsa ini sejak awal," kata Sekjen PPP, Arsul Sani kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Namun, PPP memberikan catatan dengan munculnya nama-nama baru untuk Pilpres 2024. Menurut PPP, memunculkan nama baru seharusnya tidak dibarengi dengan menjelek-jelekan jagoan dari partai politik (parpol) atau dari ormas lain.

"Yang perlu diberi catatan adalah agar mereka yang mau membangun diskursus kepemimpinan nasional yang akan datang itu tidak usah dengan menjelek-jelekkan sosok tertentu yang disebut oleh elemen masyarakat atau partai politik. Silakan kemukakan saja sisi positif dan keunggulan sosok yang dijagokannya," ujar Arsul.

Catatan selanjutnya dari Arsul adalah soal mekanisme pencalonan pasangan Pilpres 2024. PA 212 yang notabene bukan parpol, musti membangun komunikasi dengan parpol untuk mengusung jagoannya.

"Hal yang harus diingat oleh semuanya ialah bahwa pengusungan capres-cawapres dalam UUD NKRI Tahun 1945 hanya bisa dilakukan oleh parpol atau gabungan parpol, tidak bisa ada paslon independen seperti kepala daerah. Oleh karena itu elemen masyarakat non parpol yang ingin sosoknya punya peluang diusung ya mesti membangun komunikasi dengan parpol-parpol," ucap Arsul.

"Jadi PPP pada tahap ini tidak ingin ikut-ikutan lebih dulu bicara tentang orang. Silakan berbagai elemen masyarakat saja kalo mau menyebut jagoannya," sambungnya.

Arsul mengatakan PPP tak ada persoalan dengan kemunculan nama Habib Rizieq dan Ustaz Abdul Somad untuk Pilpres 2024. Namun, dia menyinggung ada sosok lain dari tubuh NU dan Muhammadiyah.

"Ya termasuk siapapun. Yang jelas PPP menyambut baik tokoh-tokoh agama yang ingin tampil. Selain sosok-sosok yang selama ini diasosiasikan dengan kelompok 212, juga ada sosok-sosok dari NU dan Muhammadiyah sebagai ormas-ormas Islam terbesar yang juga bisa dimunculkan," imbuhnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra meminta Prabowo Subianto untuk kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2024. Bagi PA 212 yang pernah mendukung Prabowo, Ketum Gerindra itu sudah selesai dan berharap ada calon lain yang lebih muda.

"Bagi kami PS (Prabowo Subianto) sudah selesai, masih banyak kader muda yang layak pimpin negeri ini ke depan, 2024 saatnya yang muda yang berkarya," kata Ketua Umum PA 212 Slamet Ma'arif kepada wartawan, Minggu (9/8).

Slamet mengatakan banyak tokoh muda yang berpotensi untuk dicalonkan pada 2024 nanti. Seperti Sandiaga Uno, Anies Baswedan, hingga Habib Rizieq dan UAS.

"Banyak tokoh muda ada SSU (Sandiaga Salahudin Uno), Wagub DKI (A Riza Patria), Gubernur DKI (Anies Baswedan), Gym, UAS (Ustaz Abdul Somad, HRS (Habib Rizieq Shihab), dan lain-lain," ungkap Slamet.

Tonton video 'Jadi Ketum Gerindra Lagi, Prabowo Maju Pilpres 2024?':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/elz)