Awasi Ganjil Genap, Polisi Jaga Jalan Exit Tol

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 08:35 WIB
Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Foto: Kombes Sambodo Purnomo Yogo. (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Jakarta -

Penilangan terhadap pelanggar kebijakan ganjil genap (gage) di 25 ruas jalan DKI Jakarta berlaku hari ini. Polisi turut mengawasi exit tol yang terhubung ke kawasan ganjil genap.

"Ini (pengawasan di exit tol) tentu juga kita lakukan pengawasan di beberapa ruas jalan tersebut juga tidak ada e-TLE-nya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/8/2020).

Sambodo turut meminta pengguna tol untuk memperhatikan ganjil genap. Mobil yang keluar dari tol tetap harus menyesuaikan aturan ganjil genap.

"Masyarakat juga harus mulai sadar ada beberapa off ramp tol yang begitu keluar tol dia masuk kawasan ganjil genap," jelas Sambodo.

Di sisi lain, masyarakat yang hendak menuju beberapa titik di Jakarta melalui tol juga harus merencanakan perjalanannya dengan adanya pemberlakuan ganjil genap.

"Masyarakat yang akan menuju suatu titik di hari tertentu, sebaiknya juga harus merencanakan perjalanan sehingga tidak keluar dari tol justru pada saat kawasan ganjil genap dan pada hari itu tanggal tersebut tidak sesuai plat nomornya," ujar Sambodo.

Diberitakan, penilangan terhadap pelanggar kebijakan ganjil genap (gage) di DKI Jakarta berlaku hari ini. Ratusan personel khusus dikerahkan untuk mengawasi penerapan ganjil genap.

"Polisi sudah siap, ada 140 personil khusus untuk pengawasan Gage," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada detikcom, Minggu (9/8/2020).

(dwia/dwia)