Polisi Siap Tilang Pelanggar Ganjil Genap di DKI Hari Ini

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 07:20 WIB
Sosialisasi penerapan kebijakan ganjil genap diperpanjang. Sosialisasi akan diberlakukan hingga 7 Agustus 2020 mendatang.
ilustrasi penilangan ganjil genap (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Penilangan terhadap pelanggar kebijakan ganjil genap (gage) di DKI Jakarta berlaku hari ini. Ratusan personel khusus dikerahkan untuk mengawasi penerapan ganjil genap.

"Polisi sudah siap, ada 140 personil khusus untuk pengawasan Gage," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada detikcom, Minggu (9/8/2020).

Sambodo mengatakan sebanyak 13 ruas jalan dilengkapi dengan kamera e-TLE (electronic-traffic law enforcement), sehingga tidak dilakukan penilangan secara manual.

"12 kawasan yang tidak ada e-TLE maka penindakan dengan tilang secara manual," kata Sambodo.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Herman Ruswandi menjelaskan mekanisme penilangan melalui kamera e-TLE seperti yang sudah-sudah. Tangkapan layar kendaraan pelanggar akan dimasukan ke database TMC Polda Metro Jaya dan disesuaikan di unit SIM.

"Berdasarkan data tersebut hasil capture sesuai dengan pelanggaran itu, maka nanti akan dikirimkan hari itu juga. Kami sudah koordinasi dengan pos giro untuk sore harinya sudah dikirimkan ke ke kediaman si pelanggar," kata Herman.

Herman mengatakan ruas jalan yang sudah terdapat kamera e-TLE di antaranya Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gajah Mada, Jala Sudirman-Thamrin serta Jalan Fatmawati. Sementara titik yang dilakukan penilangan secara manual di antaranya Matraman, Salemba, Rawamangun, hingga Pulogadung.

"Ruas yang simpang ya besar belum terpasang CCTV (e-TLE) atau mungkin bisa 10 orang (personel) atau 15 orang di satu titik," kata Herman.

Diberitakan, pemberlakuan tilang bagi pelanggar ganjil genap akan dilaksanakan hari ini di 25 ruas jalan. Waktunya pun diatur pada pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB

Tonton video 'Anies Dukung Tilang Elektronik di DKI: Langkah Cerdas Tertibkan Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/dwia)