51 Daerah di RI Tak Ada Kasus Corona, 35 Daerah Belum Terdampak

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 22:31 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Satgas COVID-19 memaparkan mengenai peta zona risiko penyebaran virus Corona di Indonesia. Sebanyak 51 daerah dinyatakan tak mempunyai kasus Corona dan 35 daerah belum terdampak sama sekali.

Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam webinar yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Minggu (9/8/2020). Daerah yang tak memiliki kasus Corona dan daerah yang belum terdampak termasuk dalam kategori daerah zona hijau.

"Kita lihat warnanya sebenarnya yang hijau 51 dan 35. Artinya di sini yang 51 kabupaten/kota ini tidak ada kasus baru, ini dulunya sudah pernah, ini berarti tidak... ini adalah sesuatu yang berpindah entah merah, oranye atau kuning sehingga dan akhirnya selama 4 minggu terakhir tidak kasus baru dan semuanya sembuh, inilah kondisinya pada 51," kata Wiku.

Wiku mengajak semua pihak untuk menjaga daerah yang belum terdampak agar tetap aman. Dia berharap kasus Corona bisa terus ditekan.

"Kita masih 35 kab/kota dari 514 yang belum pernah terdampak, dan ini harus kita jaga dari waktu ke waktu. Makin lama makin sedikit, sedangkan risiko tingginya juga jumlahnya makin lama makin sedikit, jadi yang banyak itu di tengah," ujar Wiku.

Dia mengatakan tingkat kerawanan penyebaran Corona di setiap daerah itu dinamis. Itu semua tergantung pada protokol kesehatan diterapkan atau tidak.

"Ini sangat dinamis, dari waktu ke waktu selalu berubah, jadi kalau kita kendur, akan berubah risiko penularannya menjadi lebih tinggi," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2