Gempa M 3,5 Terasa hingga Jakarta, Ini Penjelasan BMKG

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 21:12 WIB
Alat pendeteksi gempa Seismograf.  Zainal Abidin/detikcom.
Foto: Ilustrasi gempa (Zainal Abidin)
Jakarta -

Gempa bumi magnitudo (M) 3,5 yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat terasa di Bogor, Depok, hingga DKI Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan perihal gempa terasa hingga Jakarta ini.

"Karena intensitas hanya sampai 3 itu tidak sampai berdampak, jadi hanya guncangannya seperti truk lewat saja. Jadi masyarakat yang ada di Puncak merasakan goncangan yang sebenarnya tidak kuat banget tapi seperti truk lewat. Memang nggak ada kerusakan seperti itu, kerusakan itu kan jika sampai VI MMI ya jadi batas kerusakan itu start-nya di VI MMI, ini baru III. Jadi guncangannya hanya seperti truk lewat saja," jelas Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono ketika dikonfirmasi, Minggu (9/8/2020).

Daryono mengatakan episenter gempa di Cianjur berlokasi di Wargajaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Gempa ini tidak akan memicu gempa lain yang lebih besar.

"Kami meyakini gempa ini tidak akan memicu gempa yang kekuatannya lebih besar karena di lokasi episenter gempa ini, yaitu tepatnya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, tidak terdapat peta sumber gempa yang kredibel," kata Daryono.

"Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan," imbuhnya.

Daryono mengungkapkan, gempa di Cianjur ini pernah terjadi beberapa tahun lalu dan intensitasnya selalu hanya di kisaran M 3,5. Dia mengatakan gempa di sesar lokal ini terasa hingga Jakarta, namun tidak terlalu besar dan hanya dirasakan warga yang tidak sedang beraktivitas.

"(Terasa di Jakarta) itu pun orang yang benar-benar sedang tidak ada aktivitas seperti naik kendaraan atau di rumah tidak sedang melakukan aktivitas. Di sana kan hanya sekitar II MMI ya. Tapi gempa yang ada di sekitar Bogor ini menarik karena dekat Jakarta meskipun kecil sekali, masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir dengan gempa ini karena ini aktivitas lokal saja," ungkapnya.

Diberitakan, gempa bumi magnitudo (M) 3,5 terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Gempa tersebut terasa di Bogor, Depok, hingga DKI Jakarta.

"Gempa M 3,5 pukul 18.52 WIB," tulis akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, seperti dilihat detikcom, Minggu (9/8/2020).

Tonton video 'Panduan Kesiapsiagaan dan Evakuasi Hadapi Bencana di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)